web analytics
  

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Lebih Aman: Benarkah?

Jumat, 25 September 2020 19:56 WIB
Bisnis - Otomotif, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Lebih Aman: Benarkah?, pencurian motor,Keamanan Kendaraan bermotor,Tips Pengamanan Motor

Ilustrasi kunci motor. (Shutterstock)

AYOBANDUNG.COM--Mengunci setang sepeda motor ke arah kanan dipercaya lebih aman dibandingkan arah sebaliknya. Namun benarkah mengunci setang ke kanan dapat mempersulit aksi pencurian sepeda motor?

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, memang ada beberapa tipe sepeda motor yang bila dikunci setang ke kanan, maka bagian setang akan menghalangi akses ke lubang kunci kontak.

"Ini memang jadi hambatan orang kalau mau mencuri motor. Agak kesusahan atau bisa jadi pencuri akan lebih lama dalam menjalankan aksinya," ujar Endro Sutarno.

Namun, ia menyatakan bahwa kondisi mengunci ke kanan menyulitkan si tangan panjang beraksi serta merta bisa dijadikan patokan. Soal mengunci motor menjadi pilihan sendiri bagi para pemilik sepeda motor.

"Kalau kami dari pihak produsen tidak bisa mengarahkan. Karena kami sendiri juga memiliki kebiasaan masing-masing. Cukup sulit disamakan," tukas Endro Sutarno.

Maka, langkah yang bisa diambil, seperti dikutip dari Wahana Honda, untuk meminimalkan aksi pencurian sepeda motor ada beberapa langkah. Simak tips berikut ini.

Agar aman memarkir sepeda motor, lakukan sebagai berikut:

  • Selalu parkir di tempat resmi atau yang disediakan dengan layanan pengawasan, berbayar, dan diberi bukti retribusi parkir
  • Diparkir dengan standar di tengah
  • Perhatikan terjangkau oleh CCTV
  • Dikunci ganda, gunakan secure key system
  • Pasang tombol rahasia untuk menyulitkan si tangan panjang.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers