web analytics
  

6 Tips Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi

Sabtu, 26 September 2020 14:20 WIB Arditya Pramono
Umum - Pendidikan, 6 Tips Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi, belajar,online,Belajar Online,Siswa Belajar di Rumah,Tips Belajar di Rumah,Belajar di Rumah

Ilustrasi Belajar (Ayobandung.com)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM --Pandemi Covid-19 membuat proses belajar di rumah menjadi kegiatan wajib pengganti kegiatan belajar di sekolah dan di universitas.

Bagi pelajar dan mahasiswa mungkin untuk waktu yang singkat, belajar di rumah menyenangkan. Namun bagaimana kalau proses belajar di rumah semakin lama karena adanya Pandemi Covid-19? Pastinya harus ada tips tersendiri, agar belajar di rumah menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan:

1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif

Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Selain itu, kerapian juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bandingkan apabila ruangan tidak rapi dan kotor, belajar tidak akan nyaman dan tidak bisa fokus.

2. Belajar Sambil Bermain

Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara agar belajar di rumah tidak membosankan. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno. Belajar bisa dilakukan dengan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan.


3. Sediakan Kebutuhan Belajar

Memastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Apabila alat tulis hingga jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang.

4. Siapkan Camilan

Ternyata, tidak hanya suasana belajar menyenangkan saja yang perlu diperhatikan, perut juga perlu diperhatikan. Menyediakan camilan ketika belajar di rumah juga dapat membantu menghilangkan rasa bosan dan lapar. Rasa lapar dapat menjadikan kurang fokus ketika belajar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal.

5. Beri Waktu Jeda

Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus.

6. Kenali Gaya Belajar

Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.  

Editor: Arditya Pramono

artikel terkait

dewanpers