web analytics
  

4 Panduan Mengatur Fitur Ganjil-Genap di Google Maps

Sabtu, 26 September 2020 13:02 WIB Suara.com
Bisnis - Gadget, 4 Panduan Mengatur Fitur Ganjil-Genap di Google Maps, Sistem ganjil genap,Google Maps

Fitur google maps. ( Deepanker Verma/Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kendaraan yang suka tidak mematuhi aturan ganjil-genap akan dikenakan sanksi oleh petugas, yakni dikeluarkan dari jalur. Aturan ini berlaku hanya untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Google Maps. Dikutip dari GardaOto, Sabtu (26/9/2020), berikut cara menggunakan fitur ganjil-genap di Google Maps :

1. Masukkan Lokasi yang menjadi Tujuan
Sama seperti penggunaan pada biasanya, masukkan lokasi dan tempat yang menjadi tujuan. Lalu, pilih menu directions yang ada di bagian bawah.

2. Pilih Moda Transportasi
Dalam aplikasi Google Maps, ada beberapa pilihan pada moda transportasi. Seperti mobil, motor, kendaraan umum, berjalan kaki, dan juga transportasi berbasis online.

Pilihlah mobil yang berada di bagian depan pilihan. Nanti akan muncul saran rute mana saja yang bisa digunakan untuk berkendara dengan mobil.

3. Masukkan Pengaturan Bagian Plat Nomor
Ada dua cara untuk mengatur plat nomor. Pertama, ada di bagian bawah pada pilihan moda transportasi akan ada menu yang tulisannya ‘Avoiding odd plate roads’ atau ‘Avoiding even plate roads’.

Dua pilihan tulisan tersebut itu akan muncul tergantung pada settingan yang dipilih. Jika Anda klik, maka akan muncul pilihan apakah pengguna akan menggunakan plat ganjil atau genap.

Pada bagian tanggal ganjil tapi menggunakan mobil plat genap, Google Maps akan menunjukkan rute untuk menghindari jalan yang di mana aturan tersebut akan berlaku. Begitu juga sebaliknya.

Selain hal itu, pengaturan plat nomor juga bisa Anda lihat pada pengaturan atau icon 3 titik di sebelah menu Your Location. Klik ‘Route Option’. Pilihan plat nomor akan sama seperti saat Anda klik menu ‘Avoiding odd plate roads’ pada sebelumnya. Jika plat sudah Anda setting, selanjutnya, Anda tombol klik Start yang ada di bagian kanan bawah.

4. Pilihan Jalur
Pada bagian tanggal ganjil tapi menggunakan plat mobil yang ganjil, aplikasi Google Maps akan menunjukkan dua rute sekaligus, yaitu melewati jalur yang arteri dengan peraturan ganjil-genap ataupun yang tidak pada jalur ganjil-genap.

Aplikasi map akan menulis jalur itu sebagai rute yang hanya bisa Anda gunakan pada plat tertentu. Misalnya, pada tanggal ganjil, maka rute arteri akan menunjukkan ‘odd only‘ dengan estimasi waktu perjalanan pada jalur tersebut.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers