web analytics
  

KBB Rawan Bencana, Hengki Kurniawan Bentuk Satgas Milenial 

Jumat, 25 September 2020 19:49 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, KBB Rawan Bencana, Hengki Kurniawan Bentuk Satgas Milenial , Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan,Satgas Kebencanaan,Milenial

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan. (Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan bentuk Satuan Tugas (Satgas) Kebencanaan dengan melibatkan kaum millenial. Pasalnya, wilayah KBB rawan terjadi bencana alam khususnya longsor dan banjir bandang.

Hengki menjelaskan, saat ini pihaknya membuka pendaftaran bagi 50 orang millenial yang berminat bergabung dengan satgas tersebut yang terdiri dari 25 perempuan dan 25 laki-laki. 

"Saya terinspirasi untuk membentuk satgas kebencanaan lantaran KBB merupakan wilayah riskan terjadi bencana terutama wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU)," katanya, (25/9/2020).

Ia menambahkan, sejauh ini keterlibatan millenial dalam penanganan bencana di Kabupaten Bandung Barat cukup baik. Namun pihaknya ingin lebih mengoptimalkan peran serta millenial dalam penanganan bencana.

"Ketika bencana alam datang, satgas kebencanaan sudah memahami apa yang harus dilakukan. Terlebih tidak gagap saat berada di lapangan," jelasnya.

Rencananya berbagai pelatihan dan seminar akan dilaksanakan sebagai bentuk nyata pembekalan terhadap anggota Satgas Kebencanaan nantinya. 

"Pelatihan baik secara keterampilan maupun pengetahuan terkait kebencanaan akan diberikan. Selain itu secara mental pun akan digojlok dengan melibatkan pihak militer," katanya.

Hengki menegaskan, keterlibatan kaum millenial dalam menangani bencana tidak hanya pasca terjadi saja. Lebih jauh dari itu, Satgas Kebencanaan pun akan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Satgas Kebencanaan untuk saat ini terfokus di KBB, nantinya satgas tersebut juga akan mengedukasi masyarakat terkait penanganan bencana," katanya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers