web analytics
  

Ikatan Batin Pelatih Persib dengan Bandung Sudah Terjalin Sejak Tahun 1930-an

Jumat, 25 September 2020 16:50 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Ikatan Batin Pelatih Persib dengan Bandung Sudah Terjalin Sejak Tahun 1930-an, Hari Jadi Kota Bandung ke-210,HUT ke-210 Kota Bandung,HUT Kota Bandung ke-210,Pelatih Persib Bandung Robert Alberts

Pelatih Persib Bandung Robert Albert (Ayobandung.com/Eneng Reni)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pada Jumat 25 September 2020, Kota Bandung tepat berusia 210 tahun. Kota Bandung diresmikan sebagai ibu kota baru Kabupaten Bandung dengan surat keputusan tanggal 25 September 1810.

Bagi pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, Kota Bandung memiliki ikatan sejarah yang sudah terjalin sejak 1930-an. 

Kota Bandung memang banyak menyimpan kenangan untuk keluarga Robert Alberts. Pada tahun 1930-an, kakek dan neneknya pernah tinggal di Bandung. Mereka sempat cukup lama tinggal di Indonesia dan menetap di beberapa kota sebelum akhirnya pulang kembali ke Belanda.

Dulu sang ayah dan kakek datang ke Hindia Belanda, nama Indonesia saat itu, sebagai koloni. Kini, Robert merasa dirinya sudah seperti bagian dari Indonesia setelah hampir tujuh tahun lamanya terlibat dalam dunia sepakbola di Tanah Air.

Apalagi pada tahun 2019, ikatan antara Robert dan Kota Bandung kembali terjalin setelah ditunjuk sebagai arsitek skuat Maung Bandung. Sejak saat itu pula kekaguman Robert tak pernah pudar. 

Pelatih berkewarganegaraan Belanda itu menilai, kota Bandung adalah kota yang sangat indah dengan segala ke keramah-tamahan dan budayanya. Kota Bandung pun menjadi bagian tersendiri dalam potongan kenangan pelatih berusia 65 tahun tersebut.

"Bandung itu kota yang fantastis, sangat nyaman untuk ditinggali dan budaya orang-orang di Bandung sangat ramah. Pergerakan di kotanya, sejarahnya, saya suka tinggal di Bandung," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Jumat (25/9/2020).

Pelatih kelahiran Amsterdam itu turut berbahagia dengan peringatan Hari Jadi ke-210 Kota Bandung. Dia menilai, HUT ke-210 Kota Bandung bisa dimaknai sebagai momentum perjuangan untuk terus semangat dalam berkolaborasi melawan Covid-19. 

"Jadi selamat ulang tahun untuk Kota Bandung dan untuk semua warga yang tinggal di Bandung. Sehat selalu, tetap sehat, dan menjaga keselamatan. Pastikan kita bersama menghentikan penyebaran virus ini di Bandung," ujar Robert.

Tak jauh berbeda, gelandang asing Persib Bandung, Omid Nazari pun mengaku jatuh cinta dengan pesona Kota Bandung. Gelandang berdarah Iran-Filipina tersebutbmerasa senang dan nyaman tinggal di kota berjuluk Paris van Java itu. 

Gelandang berusia 29 tahun itu juga mengaku sangat menikmati kultur Kota Kembang. Kepribadian orang-orang di Bandung yang juga menurutnya sangat menyenangkan.

"Saya nyaman tinggal di kota ini, saya suka, cuacanya bagus dan banyak pemandangan alam, suasana hijau. Bagus. Selamat untuk Bandung," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers