web analytics
  

Alasan Dilarang Gunakan Smartphone Saat Berada di SPBU

Jumat, 25 September 2020 14:26 WIB
Bisnis - Otomotif, Alasan Dilarang Gunakan Smartphone Saat Berada di SPBU, Dilarang Merokok di SPBU,Kebakaran di SPBU,Menggunakan Smartphone di SPBU

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU 31-164-01, Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/5). ( Suara.com/Angga Budhiyanto)

AYOBANDUNG.COM--Dipicu oleh sumber api, kebakaran bisa terjadi di mana pun dan kapan pun. Termasuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU, yang kerap disebut pom bensin. Soal tindakan preventif sudah dilakukan pihak SPBU, selain menyediakan alat pemadam kebakaran, juga papan dan stiker informasi tentang hal yang tidak dibolehkan. Seperti gambar smartphone dan kamera dicoret. Artinya dilarang menggunakan dua gawai ini di SPBU.

Namun, masih ada beberapa pemilik kendaraan bermotor, yang tidak peduli dengan peringatan ini. Mengutip mobil88, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Beberapa hal yang tidak dibolehkan dilakukan di sekitar SPBU:

1. Menyalakan korek api dan merokok

  • Keduanya sangat berbahaya dilakukan di area SPBU karena bara api di rokok dapat dengan mudah menyambar uap bahan bakar di sekitarnya.
  • Oleh karena itu, di setiap SPBU terdapat peringatan dilarang merokok.

2. Menggunakan ponsel dan memotret

  • Penjelasannya, setiap perangkat elektronik yang menggunakan baterai dapat menimbulkan percikan api walaupun sangat kecil.
  • Selain itu, juga menimbulkan radiasi dan frekuensi tinggi. Walapun berisiko rendah, berpotensi mengakibatkan kebakaran sehingga lebih baik jika menghindari pemakaiannnya.

3. Menyalakan mesin kendaraan

  • Meskipun saat ini sudah memungkinkan mengisi bahan bakar dengan kondisi mesin kendaraan tetap dihidupkan, tanpa disadari saat mesin hidup berarti perangkat pengapian mesin kendaraan tetap bekerja.
  • Dikhawatirkan terjadinya kebocoran pada sistem pengapian sehingga menimbulkan percikan api.

Ketiga hal ini sudah disosialisasikan di setiap SPBU dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kebakaran. Sebaiknya pemilik kendaraan selalu peduli terhadap aturan safety atau keamanan pengisian bahan bakar ini.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers