web analytics
  

D3 Marketing Digital Tel-U tentang Vokasi di Industri

Jumat, 25 September 2020 10:14 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, D3 Marketing Digital Tel-U tentang Vokasi di Industri , Telkom University,Vokasi Industri

Program Diploma 3 Digital Marketing Telkom University Bandung menggelar Webinar Vokasi Menembus Batas Langit Industry, Kamis (24/9/2002). (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Program Diploma 3 Digital Marketing Telkom University Bandung menggelar Webinar Vokasi Menembus Batas Langit Industry, Kamis (24/9/2002).

Menurut inisiator webinar Sampurno Wibowo, kegiatan tersebut tujuan untuk memberikan inspirasi bagi seluruh stakeholder perguruan tinggi program vokasi mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi kerja berstandar nasional yang selaras dengan kurikulum. Selain itu, meningkatkan kemitraan antar-perguruan tinggi program vokasi dengan industri dalam mendukung program link and match.

Pun, untuk memberikan informasi yang komprehensif bagi industri tentang keberadaan Prodi D3 Digital Marketing.

“Tujuan lainnya adalah membangun jejaring dengan industri sekaligus meyakinkan dunia insutri tentang kehandalan lulusan program vokasi khususnya lulusan Prodi D 3 Digital Marketing,” kata Sampurno, yang juga Dosen Diploma 3 Digital Mareketing Telkom University.

Sampurno mengatakan, program vokasi Diploma 3 merupakan salah satu jenjang pendidikan yang lebih menekankan pada keterampilan praktik yang kelak dibutuhkan dunia industri.

“Mahasiswa Diploma 3, pada proses pembelajarannya fokus dan mengedepankan praktik pada topik terkini dan turun langsung praktik di lapangan agar mendapatkan pengalaman nyata. Lulusan program studi D3 digital marketing harus mampu menguasai praktik bidang digital marketing yang berguna di industri dan dibuktikan oleh sertifikasi kompetensi yang mumpuni agar diterima di industry,” ujar Sampurno.

Kegiatan Webinar yang didukung penuh Ketua Prodi D3 Digital Marketing, Telkom University, Ati Mustikasari menghadirikan narasumber seperti dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, Rektor Telkom University Prof Adiwijaya, keduanya sebagai opening speech.

Narasumber lainnya adalah Wakil Ketua BNSP Bapak Managing Director PT Batik Presiden Direktur PT Duta Intidaya Tbk Watsons Indonesia, Wakil Ketua Kadin Komite Timur Tengah, Presiden Direktur PT.Delta Indonesia Pranenggar, dan Koordinator Sertifikasi-Kepala TUK D3 Digital Marketing Sampurno Wibowo.  .

Webinar dibuka oleh sambutan Rektor Tel-U, Prof. Adiwijaya, S.Si., M.Si disambung Sekertaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker RI. Surya Lukita Warman.

Sesi pertama diisi oleh Wakil Ketua BNSP Miftakul Aziz yang memaparkan mengenai Sertifikasi Kompetensi BNSP sebagai syarat diterima di Industri dan merupakan bagian dari Link and Match dengan Industri. Managing Director Owner PT Batik Danar Hadi, Diana Santosa, mengemuakakan tentang sukses mengelola brand legendaris dan kebutuhan tenaga kerja bersertifikat kompetensi.

Lilis Mulyawati Presiden Direktur PT. Duta Inti Daya Tbk. Watsons Indonesia menyampaikan pengalaman mengelola perusahaan jaringan internasional dan kebutuhan tenaga kerja penjualan dan pelayanan bersertifikat kompetensi.

Sesi kedua diisi oleh Plt Direktur Standardisasi dan Kompetensi Direktorat Pembinaan Pelatihan dan Produktivas Kemnaker RI, Muchtar Azis yang menyampaikan mengenai kiat calon tenaga kerja dari program vokasi diploma 3 dengan memiliki sertifikasi kompetensi dan softskill. selaku Wakil Ketua Kadin Komite Timur Tengah Hendra Hartono menyampaikan mengenai marketing produk ekspor dan kebutuhan tenaga kerja pendukungan yang telah bersertifikasi kompetensi.

Dilanjutkan Presiden Direktur PT Delta Indonesia Pranenggar Sri Enggarwati yang menyampaikan mengenai pengalaman memperkerjakan tenaga kerja bersertifikasi kompetensi dan pembekalan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa.

Sesi pemaparan ini diakhiri oleh Koordinator Sertifikasi-Kepala TUK Prodi D3 Manajemen Pemasaran, Sapurnio Wibowo yang menyampaikan mengenai kesiapan TUK pemasaran Prodi D3 Digital marketing dalam upaya mensertifikasi kompetensi mahasiswa.

Acara dihadiri lebih dari 600 orang via media Zoom yang berasal dari berbagai kalangan di antaranya pengusaha, UMKM, ASN, Dosen, Mahasiswa, Guru, Siswa SMK dan khalayak umum. Webinar ini didukung oleh Learning Management System (LMS) CeLOE yang merupakan platform eLearning untuk melaksanakan pembelajaran daring yang terintegrasi dengan portal akademik dan layanan akademika di Telkom University.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers