web analytics
  

Kemenkraf Susun Panduan Kesehatan Sektor Wisata CHSE

Kamis, 24 September 2020 21:46 WIB Tri Junari
Gaya Hidup - Wisata, Kemenkraf Susun Panduan Kesehatan Sektor Wisata CHSE, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Kemenkraf,Panduan Kesehatan,Wisata CHSE

Kemenkraf Sosialisasi Panduan Kesehatan Sektor Wisata CHSE. (Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah rampung menyusun rancangan panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan (CHSE).

Panduan yang disiapkan dalam rangka menghadapi tatanan baru pada penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE) tersebut dirancang bersama INACEB dan stakeholder MICE.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelengara Kegiatan, Rizki Handayani menjelaskan, sosialisasi panduan tersebut menekankan pada penerapan standar prosedur kesehatan Covid-19 yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Ini merupakan panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19," katanya, Kamis (24/9/2020).

Ia menambahkan, ketentuan yang termuat dalam panduan ini juga mengacu pada protokol dan panduan Pemerintah Indonesia, WHO, Travel dan Tourism Council (WTTC) serta Asosiasi MICE nasional maupun internasional seperti ICCA,UFI,AIPC dan ASPERAPI.

"Setelah melaksanakan rangkaian proses evaluasi dan penyesuaian, saat ini panduan telah rampung dan siap untuk disosialisasikan kepada seluruh stakeholders MICE di destinasi-destinasi MICE," jelasnya.

Ia berharap, dengan kegiatan sosialisasi dan simulasi para stakeholder MICE dapat memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan yang sesuai dengan panduan yang telah disusun.

"Sehingga wisatawan MICE yang akan melaksanakan kegiatan MICE nya di Indonesia dapat merasa aman dan nyaman. Sehingga Indonesia sebagai destinasi MICE yang dapat memenangkan di dunia Internasional," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers