web analytics
  

Darah Tinggi Rentan Kena Corona, Ini 5 Cara Mencegahnya

Kamis, 24 September 2020 14:01 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Darah Tinggi Rentan Kena Corona, Ini 5 Cara Mencegahnya, darah tinggi corona,hipertensi corona,cara mencegah darah tinggi,obat darah tinggi

[Ilustrasi] Tekanan darah tinggi atau hipertensi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seseorang dengan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan hipertensi atau darah tinggi, umumnya memiliki kondisi jantung yang kurang baik. Sistem kekebalan tubuhnya pun relatif yang lebih lemah yang membuatnya rentan terkena corona penyebab Covid-19 dengan gejala yang lebih berat.

Namun, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan 5 langkah sederhana yang dipaparkan oleh dr Nani Hersunarti, SpJP, FIHA.

Olahraga

Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu.

Menjaga pola hidup sehat

Dengan memilih makanan yang baik yaitu makan yang sehat dan bergizi serta mengurangi garam. Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Kurangi garam atau sodium dalam diet

Selain beberapa cara mengontrol tekanan darah tinggi di atas, pengurangan kecil pada sodium dalam diet juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 2 sampai 8 mmHg. Bila Anda tidak merasa seperti Anda dapat secara drastis mengurangi kandungan garam dalam diet, maka Anda dapat menguranginya secara bertahap.

Mengontrol berat badan, tekanan darah, dan gula dalam dara

Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dan mintalah ke dokter Anda agar memberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

Berhenti merokok

Merokok melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Berhenti merokok merupakan salah satu upaya dalam mengubah gaya hidup sehat demi pencegahan hipertensi.

“Dengan melaksanakan gaya hidup sehat maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah meningkatnya tekanan darah tinggi, meningkatkan efektivitas obat tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal,” ujarnya, dilansir dari Republika.co.id, Kamis (24/9/2020).

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers