web analytics
  

Cirebon Zona Merah Corona, Ratusan Kamar Hotel Akan Disewa untuk Pasien

Kamis, 24 September 2020 16:21 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Cirebon Zona Merah Corona, Ratusan Kamar Hotel Akan Disewa untuk Pasien, Kota Cirebon Zona Merah,Cirebon Zona Merah,Corona Cirebon, corona bandung,Update Corona Cirebon

[Ilustrasi] Kota Cirebon kini memasuki zona merah corona. Pemkot Cirebon berencana memesan sedikitnya 200 kamar sebagai ruang penanganan bagi pasien yang menjalani karantina mandiri. Hal ini karena angka penularan corona masih terbilang tinggi. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOBANDUNG.COM -- Kota Cirebon kini memasuki zona merah corona. Pemkot Cirebon berencana memesan sedikitnya 200 kamar sebagai ruang penanganan bagi pasien yang menjalani karantina mandiri. Hal ini karena angka penularan corona masih terbilang tinggi.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi menyebutkan, pihaknya membutuhkan ruang-ruang terpusat dalam penanganan pasien Covid-19.

"Dinas Kesehatan menginginkan sekitar 200 ruangan di hotel untuk ini," katanya.

Pemesanan kamar hotel sebagai ruang perawatan pasien penyakit menular ini, kata dia, dimungkinkan berlaku sekitar 1-2 bulan. Namun, hal itu tergantung pula pada perkembangan kasus di lapangan.

Disinggung standar hotel yang dikehendaki, dia membuka kemungkinan berupa hotel horizontal dan bukannya vertikal dengan bangunan bertingkat.

Kebutuhan atas hotel sebagai tempat perawatan pasien diakuinya karena mengamati tren kasus Covid-19 yang terus bertumbuh naik di Kota Cirebon.

"Prediksi kami pertumbuhan kasus masih naik. Saat ini kan, penanganan pasien dilakukan terpusat di gedung eks BKKBN, tapi di sana kondisinya terbatas," ungkapnya.

Dalam 1 ruang bisa terdapat 3-4 pasien. Ketersediaan kamar perawatan pun kini makin menipis dengan tersisa 16-17 kamar dari total sekitar 40 kamar.

Meski sebagai fasiltas sementara gedung eks BKKBN masih memungkinkan untuk penanganan pasien, ketika kasusnya sudah semakin kompleks hingga mencapai kondisi yang berat, diperlukan sebuah penanganan khusus yang terpusat. Inilah yang menjadi pertimbangan otoritas kesehatan setempat untuk memesan kamar-kamar hotel.

Sampai Kamis (24/9/2020) tercatat total 214 pasien positif di Kota Cirebon. Perinciannya, 14 pasien meninggal dunia, 74 pasien masih dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 126 pulih.

Saat ini, Kota Cirebon menjadi salah satu dari total 3 kabupaten/kota di Jawa Barat yang terkategori zona merah alias risiko tinggi. Dua daerah lainnya yakni Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers