web analytics
  

Jalan Pasar Baru Ditutup, Penghasilan Tukang Becak Turun Drastis

Kamis, 24 September 2020 15:57 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Jalan Pasar Baru Ditutup, Penghasilan Tukang Becak Turun Drastis, Penutupan Jalan di Kota Bandung,Jalan Pasar Baru,Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista),Tukang Becak,Dampak penutupan Jalan di Bandung

Tukang becak menjadi salah satu pihak yang terdampak secara ekonomi dari pemberlakuan buka-tutup jalan di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Kota Bandung. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung ditutup-buka sejak Jumat (18/9/2020), guna menekan angka penyebaran virus corona penyebab Covid-19. Salah satunya penutupan di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), para tukang becak yang biasa beroperasi di sana pun terdampak secara ekonomi.

Salah seorang tukang becak yang berada di Pasar Baru, Jalan Otista, Darmin (54), mengatakan, penutupan Jalan berdampak pada penghasilannya.

Sebelum diberlakukan penutupan jalan, Darmin bisa mendapatkan penumpang hingga 8 kali per hari. Namun, saat ini, dia hanya mendapatkan setengahnya.

"Kalau dulu sehari itu bisa dapat Rp80.000, kalau sekarang lebih sedikit. Mungkin karena jalan ditutup jadi mereka lebih milih jalan kaki," ujarnya kepada Ayobandung.com, Kamis (24/9/2020).

"Siang juga banyak yang anter barang pakai becak. Kadang mau ga mau harus muter kalau jalannya ditutup, waktu jadi tersita banyak," tuturnya.

Sebelumnya, upaya penutupan jalan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Penutupan jalan di pagi hari akan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Kemudian, penutupan di sore hari akan dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara itu, penutupan di malam hari akan dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Penutupan lima ruas jalan itu rencananya dilakukan selama 14 hari ke depan kemudian akan dievaluasi. Petugaa kepolisian menutup 5 ruas jalan di Kota Bandung, diantaranya yakni Jalan Asia Afrika-Jalan Tamblong, lalu Otista-Suniaraja (Pasar Baru), kemudian Jalan Purnawarman-Jalan Riau, serta Jalan Merdeka-Jalan Riau dan Jalan Merdeka-Jalan Aceh.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers