web analytics
  

5 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Kamis, 24 September 2020 13:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Manfaat bayam,khasiat bayam

Bayam kaya akan manfaat kesehatan, salah sautunya membantu melancarkan tekanan darah (Pixabay/Aline Ponce)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Melansir dari Health, berikut beberapa kandungan bayam yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Kaya nutrisi

Tiga cangkir bayam mentah hanya menyediakan 20 kalori, tanpa lemak, 2 gram protein,  3 gram karbohidrat, dan 2 gram sebagai serat. Meski memiliki sedikit kalori, bayam dikemas dengan banyak nutrisi.

Tiga cangkir bayam menyediakan lebih dari 300 persen kebutuhan harian untuk vitamin K, lebih dari 160 persen kebutuhan harian vitamin A, dan sekitar 40 persen vitamin C.

Bayam juga mengandung 45 persen kebutuhan harian fotat dan vitamin B. Tak hanya itu, bayam memasok 15 persen kebutuhan harian zat besi dan magnesium, 10 persen kalium, 6 persen kalsium, dan sejumlah kecil vitamin B.

2. Antioksidan tinggi

Selain banyak vitamin dan mineralnya, bayam memberikan antioksidan yang terkait dengan anti-inflamasi dan melindungi dari berbagai penyakit. Bayam mengandung kaempferol dan flavonoid yang terbukti menurunkan risiko kanker serta quercetin terkait dengan perlindungan memori, penyakit jantung, diabetes tipe 2.

3. Kandungan zat bermanfaat

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, para peneliti merangkum efek perlindungan bayam dengan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif alami. Mereka menyatakan bahwa zat yang diturunkan dari bayam dapat mengurangi stres oksidatif, kerusakan DNA, dan penyakit secara umum.

Para peneliti menyimpulkan bahwa makan lebih banyak bayam dapat membantu menangkis penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Efek antiinflamasi bayam disebut dapat melindungi otak terutama masalah penuaan.  Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau seperti bayam setiap hari memiliki kemampuan kognitif 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

5. Melindungi kesehatan mata

Salah satu antioksidan dalam bayam yang disebut lutein telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD). Kondisi ini adalah penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral yang diperlukan untuk aktivitas seperti membaca dan mengemudi.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers