web analytics
  

Bogor Siapkan Tempat Isolasi Khusus OTG di Dua Tempat

Kamis, 24 September 2020 13:15 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, Bogor Siapkan Tempat Isolasi Khusus OTG di Dua Tempat, Wali Kota Bogor Bima Arya,Corona Bogor,covid-19 bogor,bima arya covid-19 bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema dalam mengantisipasi lonjakan pasien dengan menyiapkan tempat isolasi khusus orang tanpa gejala (OTG) di gedung BNN Lido, Kabupaten Bogor dan satu hotel di Kota Bogor.

Ia mengklaim ketersediaan tempat tidur isolasi di Kota Bogor untuk perawatan pasien Covid-19 terbilang masih aman. 

"Trennya 20 kasus rata-rata per hari. Sejauh ini kita ingin pastikan ketersediaan tempat tidur aman, saat ini belum mencapai 60%, kalau lebih dari 60% dikatakan siaga menurut WHO," katanya, Kamis (24/9/2020).

Meski masih dikatakan aman, pihaknya telah meminta pimpinan rumah sakit di Bogor untuk menambah kapasitas tempat tidur, khususnya di rumah sakit rujukan Covid-19.

"Langkah kita ada dua. Pertama, meminta rumah sakit menambah bed, tadi RS Hermina akan menambah 13 bed. Saya minta itu, terutama rumah sakit yang menjadi rujukan. Kedua, OTG tidak akan dirawat di rumah sakit lagi, tetapi kita titipkan di fasilitas non layanan kesehatan di BNN Lido, ada 122 bed," jelasnya.

Selain itu ada satu hotel yang disiapkan di Kota Bogor dan sudah diajukan ke pusat untuk dijadikan tempat isolasi khusus OTG.

"Nanti Pak Menteri Wishnutama yang akan memutuskan. Sementara memang ada dua hotel yang siap. Nanti pembiayaannya Kota Bogor mengajukan kepada satgas nasional," tuturnya.

Menurutnya jika gedung BNN dan hotel sudah bisa digunakan tempat isolasi khusus OTG, maka tidak ada lagi yang diisolasi mandiri di rumah.

Namun yang terpenting kata dia, fasilitas kesehatan harus disiapkan dan mitigasi infeksi dikuatkan. Sebab, kasus klaster keluarga masih tinggi.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers