web analytics
  

Pilkada Kabupaten Bandung, Profil Pasangan Nomor Urut 1 Nia-Usman

Kamis, 24 September 2020 11:35 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Soreang, Pilkada Kabupaten Bandung, Profil Pasangan Nomor Urut 1 Nia-Usman, Pilkada Kabupaten Bandung 2020,Pilkada Kabupaten Bandung,Pasangan Nia-Usman,Nia-Usman

Pasangan Nomor Urut 1 Nia-Usman ((ayobandung.com/Ryan Suherlan/Magang))

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kurnia Agustina dan Usman Sayogi JB menjadi pasangan nomor urut 1 dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Pasangan ini merupakan kombinasi antara istri inkumben yang menjabat selama dua periode dengan birokrat yang berkarier panjang di pemerintahan daerah.

Berikut ringkasan profil dan visi-misi pasangan Nia-Usman berdasarkan dokumen pendaftaran yang dikirimkan ke KPU Kabupaten Bandung

Istri Bupati

Kurnia Agustina, kelahiran Aceh, 7 Agustus 1973, menempuh seluruh jenjang pendidikannya di Kota Bandung. Nia menuntaskan Pendidikan D3 di kampus STBA YAPARI ABA pada 1997.

Sebagai istri Bupati Dadang Naser yang menjabat salama dua periode, Nia tercatat mengetuai berbagai organisasi, mulai dari Forum Kabupaten Bandung Sehat, Dekranasda, PAUD Kabupaten Bandung, hingga Literasi Kabupaten Bandung.

Berkiprah di organisasi-organisasi itu, Nia tercatat pernah mendapatkan beberapa penghargaan dari pemerintah pusat, seperti Satya Lencana Kebaktian Sosial dan Bakti Koperasi dan UKM.

Tentang Movitasi pencalonan, Nia menuliskan “ingin menyejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung Barat”.

Birokrat

Usman Sayogi JB dilahirkan di Bandung pada 29 Oktober 1965. Pendidikan terakhirnya adalah gelar master di Universitas Nurtanio, Bandung.

Usman merupakan seorang birokrat dengan jenjang karier yang merentang panjang di berbagai tingkat dan jenis penugasan. Ia lama berkarier di kewilayahan sebagai camat di beberapa daerah di Kabupaten Bandung, termasuk Baleendah.

Terakhir, Usman menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), setelah sebelumnya merupakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung.

Sabilulungan

Pasangan Nia-Usman memakai kata “sabilulungan” yang sangat identik dengan masa pemerintahan Dadang Nasser. Tagline atau semboyan mereka adalah “Binangkit Sabilulungan 5.0”, yang berarti cepat dan tanggap dalam bergotong-royong mewujudkan Kabupaten Bandung yang unggul, kolaboratif, dan digitalisasi berkelanjutan.

Untuk mewujudkan visi besarnya, pasangan ini mencantumkan beberapa misi yang hendak dikerjakan jika terpilih nanti. Ada lima bidang yang dicakup, mulai dari sumber daya manusia (SDM), lingkungan, ekonomi, reformasi birokrasi, serta infrastruktur.

Di dua tingkat teratas misi pasangan Nia-Usman, tercantum peningkatan askes dan mutu di dua bidang dasar layanan publik, yaitu pendidikan dan kesehatan. Bidang-bidang lain yang disasar juga adalah kebudayaan dan budaya literasi.

Yang menarik, tercantum juga dalam daftar misi pasangan ini keinginan untu meningkatkan pengarusutamaan gender dan perlindungan anak. 

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers