web analytics
  

Pemkot Bandung Buka Akses Jalan ke Gedong Cai Tjibadak

Kamis, 24 September 2020 10:55 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Buka Akses Jalan ke Gedong Cai Tjibadak, Gedong Cai Tjibadak,bangunan bersejarah Bandung,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Wisata Bandung

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau kawasan Gedong Cai Tjibadak, Rabu (23/9/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung berencana membuat akses jalan menuju situs bersejarah tempat penampungan air Gedong Cai Tjibadak. Tempat penampungan air dengan gedung khas berwarna biru tersebut terletak di Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap.

Pembenahan ini dilakukan agar masyarakat dapat lebih leluasa mengunjungi sumber air terbesar di Kota Bandung pada 1921-an tersebut.

Sebelum membangun akses jalan, Pemkot Bandung akan melakukan pendataan dan inventarisasi lahan atau tanah di sekitar kawasan Gedong Cai.

“Kita meninjau lahan ini, yang memang dimungkinkan untuk menjadi akses yang baik dan mudah bagi masyarakat menuju ke Gedong Cai Tjibadak," kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau langsung kawasan Gedong Cai Tjibadak, Rabu (23/9/2020).

Yana mengatakan, saat ini pihaknya akan terlebih dahulu memastikan status tanah di wilayah tersebut. Bila sudah jelas, maka pembenahan dapat segera dilakukan.

“Kita ingin memastikan dulu status tanahnya. Kalau status tanahnya sudah jelas, dan milik Pemkot Bandung, Insyaallah secepatnya (dibangun). Karena ini pemberdayaan masyarakat jadi tidak akan lama,” ungkapnya.

Selain itu, Yana menjelaskan bahwa sebelumnya Pemkot Bandung juga berencana untuk membuat ruang publik di kawasan tersebut.

Sehingga, nantinya akan ada destinasi wisata alam baru sekaligus sebagai situs pembelajaran sejarah yang mudah diakses.

“Mudah-mudahan selain menjadi sumber mata air untuk masyarakat, kawasan Gedong Cai Tjibadak ini bisa kita kembangkan menjadi destinasi wisata alam,” ungkapnya.

Terkait anggaran, Yana mengatakan telah bersepakat dengan Ketua III DPRD Kota Bandung, Edwin Sanjaya. Edwin menyebut selama ini pihaknya juga telah menampung aspirasi warga yang menginginkan lokasi tersebut mudah untuk diakses.

“Kami melihat ini ada aspirasi masyarakat yang memang layak untuk kita perjuangkan. Insyaallah nanti kita perhatikan dari Dewan,” ungkap Edwin. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers