web analytics
  

Robert Alberts Berikan Latihan Lebih Awal Untuk Bek Persib

Rabu, 23 September 2020 21:45 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Robert Alberts Berikan Latihan Lebih Awal Untuk Bek Persib, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts,Bek Persib,Latihan Lebih Awal

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Eneng Reni)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memiliki alasan tersendiri kenapa menginstruksikan kepada delapan pemain belakangnya untuk berlatih lebih awal pada sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (23/9/2020).

Sektor pertahanan Maung Bandung yang dihuni Fabiano Beltrame, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Ardi Idrus, dan Kakang Rudianto itu mendapat materi khusus dari tim pelatih.

Robert menuturkan, program latihan spesifik bagi 8 bek Pangeran Biru itu adalah mengantisipasi secara efektif serangan lawan. Mereka juga dituntut untuk bisa mengantisipasi tekanan lawan melalui open play maupun set piece. 

"Sebelumnya kami mempunyai latihan (lebih awal) untuk striker dengan materi latihan mereka sendiri. Lalu hari ini ada latihan lebih awal untuk pemain belakang. Mungkin pekan depan ada latihan (lebih awal) untuk gelandang," kata Robert.

Pelatih asal Belanda itu mengakui, skuat Maung Bandung memang mempunyai beberapa pembagian dengan latihan yang spesifik di setiap posisinya. Hmaya saja, keterbatasan fasilitas latihan membuat Supardi cs harus melakukan pembagian jadwal untuk menjalankan program tersebut.

"Jika hanya mempunyai satu lapangan untuk berlatih maka harus menyebar untuk menjaga kondisi lapangan karena akan digunakan di liga. Tidak ada lapangan latihan lainnya bagi kami untuk saat ini dengan standar seperti ini. Kami butuh lapangan dengan standar seperti ini. Maka dari itu, pemain belakang diminta untuk datang lebih awal untuk dilatih materi yang spesifik," katanya.

Di era sepak bola modern saat ini, pelatih berusia 65 tahun itu menilai, setiap klub sepak bola profesional sedianya sudah harus memiliki fasilitas latihan sendiri. Pasalnya, hal itu bisa membantu laju pengembangan program latihan dari tim bersangkutan.

"Tentunya akan lebih bagus jika kami mempunyai lapangan latihan sendiri. Satu posisi berlatih di satu lapangan dan posisi lain berlatih di lapangan lainnya. Itu yang harusnya dilakukan di sepak bola profesional, tapi situasinya seperti ini sekarang," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers