web analytics
  

Pelatih Persib Dukung Regulasi Pergantian 5 Pemain

Rabu, 23 September 2020 21:23 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Pelatih Persib Dukung Regulasi Pergantian 5 Pemain, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Ayobandung.com)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts belum bisa berkomentar banyak sebelum ada kepastian terkait regulasi baru Extraordinary Competition Liga 1 2020.  Dalam lanjutan kompetisi yang akan bergulir pada 1 Oktober, PSSI berencana menerapkan aturan lima pergantian pemain dalam setiap pertandingan.

Pelatih asal Belanda itu juga mengatakan, hingga saat ini belum menerima rilis resmi dari PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi terkait kejelasan aturan pergantian pemain tersebut. Robert menilai, kepastian ini sedianya harus segera diterima seluruh tim peserta lantaran lanjutan Liga 1 tinggal menyisakan waktu kurang dari dua pekan lagi.

"Iya (bisa melakukan lima pergantinan dalam satu pertandingan). Tapi apa yang saya terima pagi ini, masih belum jelas bagaimana (mekanisme lima pergantian). Interpretasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia belum dipahami oleh tim pelatih kami. Maka dari itu mereka juga belum bisa menerjemahkan ke Bahasa Inggris yang baik saat ini," kata Robert usai memimpin  sesi latihan di Stadion GBLA, Rabu (23/9/2020).

Karenanya, sebelum ada keputusan resmi dari federasi, pelatih berusia 65 tahun itu belum bisa berbicara banyak. Persib pun masih menunggu kejelasan dari PSSI melalui surat resmi tentang teknis dan mekanisme aturan baru tersebut.

"Kami harus melihat lebih dulu bagaimana bisa menggunakan lima pergantian itu. Memang lima pergantian, tapi bagaimana peraturan dari lima pergantian itu dan bisa dilakukan di kondisi seperti apa. Jadi belum ada kejelasan dan belum ada surat resmi dari PSSI," katanya.

Kendati demikian, Robert menilai aturan lima pergantian pemain itu sangat positif untuk diterapkan dalam lanjutan Liga 1 2020. Pasalnya, untuk melakoni laga tandang nanti, setiap tim harus melalui perjalanan panjang menggunakan moda transportasi darat menggunakan bus ke markas lawan. 

Robert menilai, padatnya jadwal dan perjalanan berjam-jam di bus itu bisa membuat pemain kelelahan sebelum pertandingan. Karenanya Robert menilai, aturan tersebut positif untuk membantu setiap pelatih dalam melakukan rotasi pemain di setiap pertandingan.

"Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna. Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif, karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti. Jadi lima pergantian tentu bagus tapi bagaimana bisa melakukan itu, kami masih menunggu klarifikasi," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers