web analytics
  

Sama-sama Dijual Mang Oleh, Apa Beda Odading dan Cakue?

Rabu, 23 September 2020 12:04 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, Sama-sama Dijual Mang Oleh, Apa Beda Odading dan Cakue?, Perbedaan Odading dan Cakue,Odading Mang Oleh,Odading Bandung,Odading viral,Odading

Odading Mang Oleh. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bagi warga Bandung, melihat odading rasanya kurang lengkap tanpa cakue atau cakwe. Odading dan cakue kerap dijual bersama, seperti yang dilakukan Soleh, pemilik 'Cakweh dan Odading Mang Oleh'.

Sebenarnya apa yang membedakan cakue dan odading? Berikut ulasannya yang dirangkum Ayobandung.com dari berbagai sumber.

1. Bentuk

Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Cakue dibentuk dari dua adonan panjang yang disatukan. Bentuknya lebih tipis dan biasanya digoreng agak lebih garing.

Cakwe/Cakue (Cookpad/Sity Mayna Amanda)

Sementara odading memiliki isi yang agak padat dan bentuknya kotak seperti bantal. Odading juga dikenal dengan sebutan kue bantal.

Odading. (Cookpad/Rency Christi)

2. Rasa

Meski dijual bersama, rasa cakue dan odading sangat berbeda. Cakue memiliki rasa asin gurih yang biasanya dinikmati dengan sambal.

Sedangkan odading memiliki rasa yang lebih manis. Untuk pecinta manis, tentu odading bisa menjadi pilihan camilan untuk menemani ngopi sore.

3. Adonan

Walaupun sepintas sama, ternyata cakue dan odading dibuat dari adonan yang berbeda. Letak perbedaannya ada di campuran baking soda dan ragi.

Adonan cakue diberi baking soda dan ragi yang lebih banyak karena teksturnya yang lebih garing dan berongga. Sementara odading memiliki campuran baking soda dan ragi yang lebih sedikit karena memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers