web analytics
  

Anggaran Terbatas, Fasilitas Publik Harus Dijaga Bersama

Rabu, 23 September 2020 15:55 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung,  Anggaran Terbatas, Fasilitas Publik Harus Dijaga Bersama, Fasilitas Publik di Bandung,Kerusakan Fasilitas Publik di Bandung

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna meninjau kondisi fasilitas-fasilitas publik (Humas Pemkot Bandung)

SUMURBANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengajak warga Kota Bandung untuk bersama-sama menjaga dan memelihara fasilitas publik. Dengan keterbatasan anggaran saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hanya fokus pada pemeliharaan fasilitas yang sudah ada, bukan pada pembangunan faslitas baru.

“Jika fasilitas ini dirusak maka akan memerlukan dana APBD untuk memperbaikinya. Ini adalah uang rakyat juga. Oleh karena itu, jaga lingkungan ini agar setiap uang rakyat dapat dialokasikan ke bidang yang jauh lebih penting dan krusial,” tutur Ema saat meninjau langsung Jalan Ir. H. Juanda (Dago) dan Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau), Rabu (23/9/2020).

Dijelaskan Ema, kondisi anggaran Pemkot Bandung saat ini hanya cukuip untuk melakukan pemeliharaan fasilitas yang sudah ada. Pemkot belum bisa melakukan pembangunan fasilitas baru. Akibat keterbatasan tersebut, Ema mengaku saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan para pelaku usaha.

"Kita ajak untuk bersama sama menjaga lingkungan di sekitar usahanya," katanya. 

Lingkungan yang asri dan indah, menurut Ema, harusnya tidak hanya bisa dinikmati oleh golongan tertentu, melainkan seluruh warga Bandung. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapiran masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

Meski anggaran terbatas, Ema memastikan bahwa Pemkot akan melakukan perbaikan terhadap setiap fasilitas umum yang rusak. Mengoptimalkan kerja para petugas linmas di tiap-tiap kecamatan, Pemkot juga akan meningkatkan pengawasan terhadap infrastruktur-infrastruktur publik.   

Dalam tinjauan tersebut, Ema bersama rombongan SKPD terkait berjalan kaki dari Balai Kota Bandung menuju Jalan Dago, lalu menuju Jalan Riau untuk melihat secara detail infrastruktur dan fasilitas-fasilitas yang ada. Sesekali Ema meminta dinas terkait untuk segera memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang ada di dua ruas jalan tersebut.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers