web analytics
  

Pemerintah Gratiskan Swab Test Untuk Tenaga Kesehatan

Selasa, 22 September 2020 19:44 WIB Khoirur Rozi
Umum - Nasional, Pemerintah Gratiskan Swab Test Untuk Tenaga Kesehatan, Swab Test Gratis,Satgas Penanganan Covid-19,Tenaga Kesehatan

Tenaga Kesehatan Covid-19. (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan pemerintah mulai hari ini memberikan program swab gratis bagi tenaga kesehatan. Menurutnya, setiap tenaga kesehatan akan rutin menjalani swab test untuk memastikan tidak terpapar Covid-19.

Wiku mengatakan, swab test gratis ini sebagai bentuk perlindungan kepada para tenaga kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19. Adapun pemeriksaan berkala ini sudah mulai dilakukan di wilayah Jabodetabek.

"Satgas Covid-19 berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan. Kami wujudkan hal ini dalam swab test gratis kepada tenaga kesehatan secara berkala. Kami mulai lakukan ini pada hari ini 22 September 2020. Swab test gratis ini dimulai di wilayah Jabodetabek," jelas Wiku di Istana Kepresidenan, Selasa (22/9/2020).

Setelah Jabodetabek, program swab gratis ini bakal dilakukan di provinsi lainnya terutama yang berstatus zona merah. Oleh karena itu, Wiku mendorong kepada tenaga kesehatan untuk ikut serta dalam program tersebut.

"Kami mendorong kepada tenaga kesehatan untuk ikut serta dalam program ini sehingga dapat mendeteksi lebih dini dan mencegah penyebaran lebih lanjut kepada tenaga kesehatan yang lainnya," ujar Wiku.

Sementara itu, kasus positif Covid-19 harian Indonesia kembali mencatatkan rekor baru. Hari ini, Selasa (22/9/2020), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada penambahan sebanyak 4.071 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Penambahan kasus yang dikonfirmasi hari ini merupakan kasus harian ketiga yang melebihi 4.000 kasus. Selain itu, kasus hari ini juga merupakan tertinggi ketiga sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. 

Kasus harian tersebut menjadikan total akumulasi konfirmasi positif di Indonesia mencapai 252.923 kasus. Angka itu termasuk 58.788 kasus dalam perawatan, 184.298 kasus sembuh, dan 9.837 kasus meninggal dunia.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers