web analytics
  

Bandung Mulai Sering Hujan, Ini 5 Tip Berkendara Aman saat Hujan

Selasa, 22 September 2020 17:56 WIB M. Naufal Hafizh
Bandung Raya - Bandung, Bandung Mulai Sering Hujan, Ini 5 Tip Berkendara Aman saat Hujan, Hujan Bandung,Cuaca Bandung,Tips Berkendara saat Hujan

[Ilustrasi] Sejumlah wilayah di Kota Bandung mulai diguyur hujan sejak kemarin, Senin (21/9/2020). BMKG memprediksi musim penghujan di Indonesia terjadi Oktober 2020, dimulai dari wilayah Indonesia Barat. Puncaknya diprakirakan Januari dan Februari 2021. (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah wilayah di Kota Bandung mulai diguyur hujan sejak kemarin, Senin (21/9/2020). BMKG memprediksi musim penghujan di Indonesia terjadi Oktober 2020, dimulai dari wilayah Indonesia Barat. Puncaknya diprakirakan Januari dan Februari 2021.

Karena itu, saat mengemudikan mobil agar tetap aman, berikut 5 tip berkendara yang aman saat hujan. 

1. Jaga Jarak Aman

Air hujan yang lebat bisa mengurangi visibilitas pengemudi. Ada baiknya berikan jarak lebih untuk menghindari risiko benturan.

2. Periksa Kondisi Wiper

Periksa kondisi wiper mulai dari karet hingga cairan wiper. Jika sudah mulai usang, gantilah dengan yang baru yang lebih baik agar membantu pengemudi melihat lebih jelas saat hujan.

3. Cek Kondisi Ban

Ban yang sudah mulai botak akan mengurangi daya cengkeram dan meningkatkan risiko tergelincir di jalan licin.

4. Tidak Usah Ngebut

Mempercepat laju kendaraan saat kondisi jalanan sedang basah akan menimbulkan hydroplanning.

Hydroplanning adalah kondisi ban yang tidak menapak sempurna pada aspal karena tertutupi genangan air.

5. Hidupkan Lampu

Saat musim hujan kondisi cahaya akan lebih sedikit karena tertutup awan mendung.

Hidupkan lampu saat mendung dan juga saat hujan agar membantu pengendara melihat lebih jelas. Selain itu, menyalakan lampu membantu pengendara dari arah berlawanan agar bisa melihat keberadaan kendaraan Anda, demikian dilansir Ayobandung.com dari Honda.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers