web analytics
  

2 Tahun Oded-Yana, Warga Keluhkan Pengangguran hingga Kemacetan

Selasa, 22 September 2020 13:58 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, 2 Tahun Oded-Yana, Warga Keluhkan Pengangguran hingga Kemacetan, Wali Kota Bandung Oded M. Danial,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Dua Tahun Oded-Yana,Masalah Bandung

Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (dok. Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pada 20 September 2020, Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial serta Yana Mulyana genap memasuki tahun kepemimpinan kedua. Selama dua tahun tersebut, masih terdapat sejumlah keluhan masyarakat yang menanti untuk segera ditanggulangi.

Berdasarkan keterangan Ketua DPRD Jabar Teddy Rusmawan, beberapa keluhan warga Kota Bandung yang kerap ditampung pihaknya antara lain meliputi masalah pengangguran, transportasi publik hingga banjir. Masalah-masalah tersebut merupakan problem klasik yang memerlukan strategi penanganan inovatif

"Keluhan yang banyak masuk ke kita dan cukup jadi perhatian adalah masalah pengangguran, masalah-masalah perkotaan termasuk di dalamnya masalah transportasi publik dan penanganan kemacetan," ungkapnya ketika dihubungi Ayobandung.com, Senin (21/9/2020).

Selain itu, Teddy mengatakan, permasalahan banjir Cileuncang juga banyak menjadi catatan. Selama ini, banjir kerap melanda sejumlah kawasan seperti Gedebage, Pagarsih hingga Cibaduyut terutama saat musim penghujan tiba.

"Masalah Cileuncang ini perlu ada keterpaduan penanganan. Pemkot Bandung harus meningkatkan level kolaborasi lintas kota dan kabupaten untuk menangani masalah ini, termasuk dengan pemerintah provinsi," ungkapnya.

Permasalahan banjir dan konektivitas transportasi publik, Teddy mengatakan, adalah masalah yang harus diselesaikan secara kolaboratif dengan kepala daerah lain karena sumber masalahnya tidak terpusat di satu kota/kabupaten saja.

Sejauh ini, ia menilai, komunikasi antara Pemkot Bandung dengan kepala daerah lain terkait masalah-masalah tersebut masih kurang sinergis.

"Masih belum optimal, penanganannya masih parsial. Kami juga berharap ada dukungan dari Gubernur Jabar untuk menangani masalah di Bandung Raya karena beliau tau duduk permasalahannya. Tapi yang jadi kata kunci, Pemkot Bandungnya harus proaktif," ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers