web analytics
  

797 RW se-Kota Bogor Dapat Bantuan WiFi Gratis

Selasa, 22 September 2020 06:35 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, 797 RW se-Kota Bogor Dapat Bantuan WiFi Gratis, WiFi Gratis Bogor,Pembelajaran Jarak Jauh,Belajar Jarak Jauh,Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua DPRD Atang Trisnanto berkesempatan meluncurkan program WiFi Gratis di RT 04 / RW 16, Tegal Gundil, Bogor Utara, Senin (21//9/2020). (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meluncurkan layanan internet melalui konektivitas WiFi yang bisa diakses secara gratis oleh para pelajar di 797 titik se-Kota Bogor, Senin (21/9/2020). 

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua DPRD Atang Trisnanto berkesempatan meluncurkan program tersebut di RT 04 / RW 16, Tegal Gundil, Bogor Utara.

Tak hanya di titik itu, dilakukan pula seremoni serentak di 49 titik lainnya oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim bersama seluruh anggota DPRD Kota Bogor. 

Menurut Bima Arya, tantangan terbesar yang sedang dihadapi adalah menyelamatkan anak-anak dari bahaya Covid-19 lewat penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

“Kesehatannya, pendidikannya, keluarganya, itu harus lebih diperhatikan. Sehingga kami berkolaborasi untuk menjawab persoalan-persoalan itu,” ungkap Bima Arya.

Bima menambahkan, ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses WiFi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet, dan terkait dengan materi pembelajaran lewat konten-konten yang inovatif.

“Karena dukungan teman-teman dewan ini bisa terwujud. Jadi persoalan akses ini kita coba pecahkan dengan memasang 797 titik akses WiFi di seluruh Kota Bogor per RW dengan data yang disinkronkan di Dinas Pendidikan, data di Bagian Pemerintahan dan data dari teman-teman dewan,” jelasnya.

Bima menyebut program tersebut dengan paket three in one (3 in 1).

 “Dan yang juga spesial ada kolaborasi antara Pusat Riset Pendidikan Masa Depan dan Kelas Pintar untuk menyusun pedoman dan konten pembelajarannya. Jadi, bukan hanya disiapkan koneksinya saja, tapi kontennya juga kita bantu. Mereka kolaborasi, ini ada pedomannya, silahkan bagaimana cara PJJ ini harus maksimal,” ujar Bima.

Bima Arya juga meminta aparatur wilayah untuk membantu memantau jalannya PJJ di titik-titik yang sudah disediakan jaringan WiFi agar tidak terjadi kerumunan saat pelajar mengakses wifi secara bersamaan. 

“Ini basisnya RW. Yang jadi PR ke depan, kita harus pastikan di titik-titik itu semuanya berjalan dengan protokol kesehatan. Anak-anak ini bisa berkumpul di satu titik dengan protokol kesehatan dan dipandu oleh orangtuanya. Jadi bukan memindahkan kerumunan, tapi aksesnya. Dinas Kominfo juga nanti akan pantau terkait dengan stabilitas koneksinya,” kata Bima.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers