web analytics
  

Wagub Jabar Imbau Warga Sebaiknya Gunakan Masker Medis 

Senin, 21 September 2020 17:15 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, Wagub Jabar Imbau Warga Sebaiknya Gunakan Masker Medis , Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum,Bahaya masker scuba,Masker scuba dilarang

Wakil gubernur Jabar bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat yang digelar di Polda Jabar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (21/9/2020). (ayobandung/Fichri Hakiim)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Eddy Sumitro mengimbau masyarakat sebaiknya menggunakan masker lain selain jenis scuba. Hal ini disampaikan setelah rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat yang digelar di Polda Jabar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (21/9/2020).

Wakil Gubernur Jawa Barar, Uu Ruzhanul Ulum, menjelaskan terkait penggunaan masker ini nantinya akan ada dalam peraturan daerah (Perda) yang bakal dibuat antara Pemprov Jabar dan DPRD Jabar.

“Bukan dilarang (menggunakan masker scuba dan buff). Ini (masker scuba) tetap dipakai saja dari pada nggak ada,” ujar Uu Polda Jabar.

Uu menuturkan, pihaknya tetap akan membagikan masker scuba kepada masyarakat. Sebab, sudah ada jutaan masker yang dibuat dan diproduksi.

Meski demikian, Pemprov Jabar tetap mengimbau kepada masyarakat untuk sebisa mungkin menggunakan masker kesehatan atau medis. Bisa juga menggunakan masker kain yang lebih tebal atau yang terdiri dari beberapa lapis.

"Tapi sekarang belum ada larangan menggunakan masker itu, yang ada pakai saja yang ada. Namun, diimbau untuk pakai masker kesehatan karena bisa mencegah virus sampai 70%," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang warganya menggunakan masker jenis scuba atau buff karena tingkat efektivitas masker jenis tersebut minim dalam menangkal droplet.

"Dulu scuba oke (dipakai) karena mudah dan murah, sekarang tidak boleh, ya, sudah menyesuaikan atau beradaptasi saja, karena ini bagian dari AKB," jelas Emil, Kamis (17/9/2020).

Editor: Andres Fatubun
dewanpers