web analytics
  

Listrik Dipadamkan, Warga Harusnya Dapat Kompensasi

Senin, 21 September 2020 14:31 WIB Tri Joko Her Riadi
Bandung Raya - Bandung, Listrik Dipadamkan, Warga Harusnya Dapat Kompensasi, Pemadaman Listrik,Kompensasi Pemadaman Listrik,Pemadaman Listrik di Bandung,Info pemadaman listrik Bandung,Pemadaman listrik Bandung

Seorang warga mengisi token listrik. (Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah seruan kerja dari rumah atau work from home (WFH) sebagai upaya mengatasi pandemi Covid-19, warga di sejumlah wilayah di Kota Bandung terpaksa menjadi korban kebijakan pemadaman listrik, Senin (21/9/2020).

Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar, Banten, dan DKI Jakarta Firman Turmantara mengatakan, warga seharusnya mendapatkan kompensasi oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) karena pemadaman listrik bakal merugikan mereka dalam derajat yang yang berbeda-beda. Kewajiban pemberian kompensasi ini merupakan amanat Undang-undang  Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Pemberitahuan adanya pemadaman listrik itu langkah baik, namun tidak serta-merta menggantikan kewajiban pelaku usaha, dalam hal ini PLN, kepada konsumen, dalam hal ini warga terdampak. Harus ada kompensasi yang diterima warga,” tutur Firman ketika dihubungi Ayobandung.com.

Dijelaskan Firman, pemadaman listrik saat ini seolah menjadi sebuah kejadian yang biasa sehingga mayoritas warga enggan mempermasalahkannya lagi. Padahal, warga bisa memberikan pelajaran kepada pelaku usaha dan juga pemerintah agar mulai mematuhi kewajiban mereka memberikan kompensasi. Apalagi di tengah masa pandemi seperti ini, ketersediaan listrik semakin diandalkan untuk menjalankan banyak aktivitas dari rumah.

Tidak hanya melanggar amanat Undang-undang tentang Perlindungan Konsumen, pemadaman listrik menurut Firman juga mengingkari aturan-aturan yang tertuang dalam 5-6 Undang-undang lainnya.

“Jangan lagi pemadaman listrik dianggap sesuatu yang wajar, yang biasa. Ada hak ribuan konsumen yang dilanggar di sana,” ucapnya.

 

Pemadaman Listrik di Kota Bandung

Diberitakan sebelumnya, sejumlah wilayah di Kota Bandung akan terkena pemadaman listrik pada Senin (21/9/2020). PLN Distribusi Jawa Barat dalam keterangan resminya mengatakan, pemadaman dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan pasokan listrik.

Berikut jadwalnya:

Pukul 09.00-12.00 WIB
Pemadaman di Hotel Patra Yasa, sebagian Jalan Cijerah, sebagian Jalan Melong Asih, Perumahan Mekar Indah, Jalan Cijerah Indah, dan Griya Setiabudhi.

Pukul 10.00-14.00 WIB
Sekolah Talenta, sebagian Taman Kopo Indah 3.

Pukul 13.00-16.00 WIB
Budisari Swimming Pool, Jalan Budisari I sampai dengan VII, Jalan Padasuka Atas, Jalan Pasir Layung Atas dan sekitarnya.

Apabila terjadi pemadaman di luar jadwal tersebut, maka masyarakat bisa menghubungi PLN Distribusi Jawa Barat melalui contact center PLN 123 atau melalui PLN Mobile. 

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers