web analytics
  

Kota Bogor Tak Lagi Zona Merah Covid-19

Senin, 21 September 2020 12:33 WIB
Umum - Regional, Kota Bogor Tak Lagi Zona Merah Covid-19, Zona Merah Covid-19,Zona Merah Bogor,Wali Kota Bogor Bima Arya,Zona Oranye Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bogor dinyatakan masuk zona oranye pada Senin (21/9/2020) hari ini. Sepekan sebelumnya, Kota Bogor masih berstatus zona merah.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengklaim, Kota Bogor saat ini berada di angka 1,99 tingkat penyebaran Covid-19.

"Subuh tadi 1,99, ini lumayan lebih baik dibandingkan Minggu lalu di angka 1,73," kata Bima saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2020).

Status zona merah di Bogor dihitung dari 14 indikator dari tingkat laju kasus positif Covid-19.

"Mengenai hitungan itu ada 14 indikator, laju positif, tingkat kesembuhan dan ketersediaan tempat tidur, masih ada yang lainnya juga," sebut Bima.

Meski demikian, pihaknya akan tetap memperketat jam operasional di pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK) sampai 29 September 2020.

"Satu-satu itu kita coba tes untuk memperbaiki, jangan sampai lajunya kembali lagi (status zona merah), makanya ada laju indikasi, ada unit pengawasan, unit lacak, unit pantau dan penyembuhannya dan yang lainnya," tegasnya.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sedang mempersiapkan pengalihan ruang isolasi pasien Covid-19 ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido.

"Di sana (BNN) ada 122 tempat tidur, ada juga satu hotel yang kita saat ini sedang proses. Jadi Insyaallah sejauh ini masih mencari jalannya mengenai OTG (orang tanpa gejala) untuk ditempatkan di mananya," ungkapnya.

Sementara Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menuturkan total kasus positif Covid-19 di Bogor sebanyak 1.025 orang dengan rincian, 39 meninggal dunia, 692 dinyatakan sembuh oleh tim dokter, dan 294 masih menjalani isolasi mandiri.

"Yang kontak erat dengan pasien Covid-19 total ada 1.682 orang, sudah selesai atau sembuh 1.405 dan masih menjalani isolasi mandiri ada 277 orang," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers