web analytics
  

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Senin, 21 September 2020 11:54 WIB Andres Fatubun
Bisnis - Otomotif, Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet, Merawat rantai sepeda motor,Yamaha Jabar,Bengkel resmi Yamaha

Ilustrasi perawatan rantai. (Yamaha)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Rantai merupakan komponen penting pada sepeda motor. Bagian dari rantai perlu dilakukan pengecekan rutin, agar pada saat dipakai selama berkendara sepeda motor terasa aman dan nyaman.

Merawat rantai merupakan hal yang penting sekali karena komponen tersebut berfungsi menghubungkan putaran yang dihasilkan mesin ke bagian roda belakang.

Pada saat sepeda motor berjalan di berbagai kecepatan rantai harus bekerja dengan baik, karena akan berefek terhadap performa, kenyamanan dan keamanan. 

Faktor dari pemilik sepeda motor juga penting karena jika pemilik sepeda motor tidak secara rutin mengecek kondisi rantai sepeda motor maka kondisi rantai akan semakin bertambah aus dan berkarat. Berikut tips menjaga kondisi rantai sepeda motor agar selalu prima saat dibawa jalan :

1. Lakukan pembersihan sepeda motor terlebih dahulu.

Sebelum melakukan perawatan, Kita bisa melakukan pencucian jika kondisi sepeda motor sangat kotor oleh debu dan lumpur. Karena jika menempel di rantai maka akan lebih cepat merusak rantai. 

2. Saat memeriksa rantai pastikan posisi sepeda motor menggunakan main stand dan gear dalam posisi netral.

3. Lumasi rantai sepeda motor 

Minimal satu minggu sekali atau bisa lebih cepat jika sepeda motor anda sering melewati genangan air dan sering kehujanan. Karena air akan melunturkan pelumasan dirantai. Penting sebelum melumasi rantai kita bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain atau sikat, setelah itu baru kita lumasi menggunakan chainlube.

4. Semprot rantai menggunakan pelumas chainlube

Apabila rantai terlihat kering, semprotkan cairan chainlube ke bagian rantai secara merata terutama bagian pin rantai. Kita dapat menyemprotkan cairan pelumas rantai menggunakan produk dari Yamaha yaitu Yamalube Chainlube yang tersedia di YSS (Yamaha Service Shop) / Bengkel Resmi Yamaha.

5. Jika rantai terlihat kendor segera lakukan penyetelan.

Batas jarak bebas rantai 20 mm – 30 mm dan periksa buku service manual untuk setiap modelnya, berikut cara penyetelan rantai yang bisa anda lakukan :

- Tempatkan roda belakang pada stand yang sesuai, mengacu pada service manual.

- Posisikan transmisi pada posisi netral.

- Longgarkan mur poros roda.

- Tahan baut penyetelan menggunakan tool, dan lepaskan mur pengunci.

- Setel baut penyetelan sehingga kerenggangan rantai sesuai nilai spesifikasi, dan tanda penepatan pada bagian kiri dan kanan swing arm bertemu titik yang sama pada blok penyetelan.

- Kunci baut penyetelan menggunakan tool, dan kencangkan mur pengunci

- Periksa kembali jarak kerenggangan rantai, dan jarak antara tanda penepatan pada bagian kiri dan kanan.

- Jika tanda tidak sama pada bagian kiri atau kanan, roda belakang akan terpasang dalam kondisi miring terhadap garis tengah sepeda motor.

Apabila kondisi rantai sudah terlalu kendor dan indikator stelan rantai sudah batas maksimal, artinya rantai kami sarankan untuk ganti. Dalam penggantian rantai agar presisi rantai dan sprocket depan serta belakang satu set harus diganti. Berikut ilustrasi kondisi rantai normal dan tidak normal.

rantai

Kita lihat kondisi rantai yang NG bagian rantai yang bertautan dengan sprocket. Karena rantai yang sudah renggang, beban terkonsentrasi pada bagian sprocket, dan sprocket baru akan aus dengan cepat. Oleh karena itu penggantian rantai disarankan satu set. Penggantian dapat dilakukan di YSS (Yamaha Service Shop) atau bengkel resmi Yamaha. 

Nah sekian tips perawatan rantai sepeda motor, apabila rantai sepeda motor anda dalam kondisi baik sesuai dengan spesifikasi maka disaat sepeda motor berjalan dalam kecepatan rendah ataupun tinggi akan terasa nyaman, aman dan menyenangkan dalam berkendara. Jika anda tidak sempat merawat rantai sepeda motor maka percayakan dan lakukanlah secara rutin service berkala sepeda motor anda di Yamaha Service Shop.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers