web analytics
  

[Cek Fakta] Setelah Ditusuk Syekh Ali Jaber Berfoto dengan Teroris?

Minggu, 20 September 2020 18:17 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Nasional, [Cek Fakta] Setelah Ditusuk Syekh Ali Jaber Berfoto dengan Teroris?, Syekh Ali Jaber,Syekh Ali Jaber Ditusuk,Pelaku Penusuk Syekh Ali Jaber,Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris

Beredar tangkapan layar berita dengan judul “Rame-Rame Berburu Kambing Hitam” yang menyertakan gambar foto Syekh Ali Jaber saat melakukan konferensi pers di Lampung. Dalam foto itu juga terdapat tulisan ‘Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris’. Lantas, benarkah bahwa di foto tersebut Syekh Ali Jaber sedang bersama dengan kelompok teroris? (Turnbackhoax.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Beredar tangkapan layar berita dengan judul “Rame-Rame Berburu Kambing Hitam” yang menyertakan gambar foto Syekh Ali Jaber saat melakukan konferensi pers di Lampung. Dalam foto itu juga terdapat tulisan ‘Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris’. Lantas, benarkah bahwa di foto tersebut Syekh Ali Jaber sedang bersama dengan kelompok teroris?

Penjelasan

Konten tersebut adalah konten yang dimanipulasi.

Artikel dan foto tersebut berasal dari artikel berjudul “Polisi Belum Temukan Kaitan Penusuk Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris” dari Merdeka.com. Bagian awal judul tersebut, yakni “Polisi Belum Temukan Kaitan Penusuk” dipotong sehingga hanya menyisakan bagian judul “Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris”.

Judul berita Merdeka.com soal Syekh Ali Jaber yang dipotong oleh pihak tak bertanggung jawab. (turnbackhoax.id)

Mengutip dari Turnbackhoax.id, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta merdeka.com, tangkapan layar tersebut ditemukan di situs redaksiindonesia[dot]com dengan judul ‘Rame-Rame Berburu Kambing Hitam’. Narasi dalam artikel tersebut diambil dari unggahan akun facebook bernama Boedi Djarot.

Artikel tersebut menggunakan foto Syekh Ali Jaber saat melakukan konferensi pers di Lampung. Sementara itu, artikel berita asli di merdeka.com berjudul ‘Polisi Belum Temukan Kaitan Penusuk Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris’ tayang pada 14 September 2020 pukul 14.07 WIB.

Potongan foto dalam artikel redaksiindonesia[dot]com tidak sesuai dengan judul dan isi berita di artikel merdeka.com yang sebenarnya. Pada foto artikel di situs redaksiindonesia[dot]com itu juga terpampang nama reporter merdeka.com.

Redaksi merdeka.com mengecam keras pencatutan nama reporter dan tangkapan layar yang keliru oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers