web analytics
  

Pilkada Cianjur, Bawaslu Beri Pemahaman soal Netralitas ASN

Minggu, 20 September 2020 18:51 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Pilkada Cianjur, Bawaslu Beri Pemahaman soal Netralitas ASN, Pilkada Cianjur,Pilkada Cianjur 2020,Netralitas ASN

Plt Bupati Cianjur beserta pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur serta BUMD diberi wawasan mengenai netralitas oleh Bawaslu. (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR , AYOBANDUNG.COM — Bawaslu Kabupaten Cianjur memenuhi undangan Pemkab Cianjur untuk memberikan arahan tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pilkada Cianjur 2020 di Bale Praja Pemkab Cianjur, Minggu (20/9/2020).

“Kami menyampaikan materi tentang ketentuan Undang-Undang Pilkada Pasal 70 ayat 1 dan Pasal 71 ayat 1, isinya ASN tidak boleh membuat keputusan, atau tindakan yang merugikan atau menguntungkaan salah satu pasangan calon,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur Usep Agus Zawari kepada wartawan usai acara, Minggu (20/9/2020).

Usep mengatakan, sudah ada 4 ASN yang diproses dan sudah dilaporkan ke Komisi ASN terkait netralitas dalam Pilkada. 

"Saat kampanye nanti, ASN bisa bekerja sebagai abdi negara saja, tidak boleh ikut campur urusan Pilkada,” katanya.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti ASN agar tidak terjebak pada masalah politik. 

"Saya selaku Plt bupati dan pasangan bakal calon yang akan datang, tentunya merasa khawatir terhadap ASN yang ada di bawah saya, jangan sampai mereka terjebak," kata Herman.

Dirinya khusus mengundang Bawaslu agar ASN tahu batas-batas agar terhindar dari pelanggaran saat Pilkada Cianjur. Agar harapan semua pihak agar Pilkada di Cianjur berjalan aman tertib tidak ada kendala apapun.

"Pemahaman netralitas ASN bekerja sama dengan Bawaslu Cianjur dengan mengundang stakeholder agar Pilkada Cianjur berjalan sukses," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers