web analytics
  

Di Tengah Pandemi Covid-19, Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Sabtu, 19 September 2020 20:55 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Di Tengah Pandemi Covid-19, Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi Lokal, Perempuan Cianjur dalam Pandemi,UMKM Cianjur

Ketua DPD Perwira Cianjur Rukaenah mempelopori kampanye warga membeli produk Cianjur (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Perempuan harus jadi penggerak ekonomi lokal di tengah pandemi Covid-19 di Kabupaten Cianjur. Salah satu caranya dengan berkampanye membeli produk UMKM lokal demi kesejahteraan warga Cianjur. 

Ketua DPC Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kabupaten Cianjur Rukaenah menyatakan, perempuan memiliki banyak potensi yang bisa dioptimalkan di tengah pandemi seperti saat ini. Di zaman sekarang perempuan tidak hanya harus sukses di ranah keluarga, tapi juga harus berkarya.

"Tidak hanya kasur, sumur, dapur, tapi perempuan hari ini harus menjadi perempuan yang mandiri. Mandiri secara ekonomi keluarga dan membantu masyarakat lainnya," kata Rukaenah pada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (19/9/2020).

Perempuan yang kerap disapa Ruka ini menilai, untuk strategi ekonomi bersama Perwira, pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan langkah awal yang baik. Hal ini selaras dengan kondisi Cianjur yang memang memiliki banyak produk.

"Kita punya produk yang banyak dan bagus, tapi ada mental yang harus dilatih, apalagi perempuan, Mungkin itu strategi awalnya," katanya.

Ruka bersama Perwira saling bahu-membahu mengembangkan wirausaha yang dikelola perempuan di Cianjur. Di tengah pandemi Covid-19, mereka kerap membeli produk satu sama lain dan mengurangi membeli produk di supermarket.

"Kalau kita menguatkannya itu saling membeli produk satu sama lain. Kita mengurangi produk dari supermarket karena itu kan bukan milik kita, kita lebih mensupport produk antar anggota. Itu yang menguatkan kita," katanya.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers