web analytics
  

Alpukat dan Ubi, Makanan Pencegah Rambut Rontok

Sabtu, 19 September 2020 09:02 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Alpukat dan Ubi, Makanan Pencegah Rambut Rontok, Manfaat Alpukat,Manfaat ubi,Rambut Rontok,Kesehatan Rambut

IIlustrasi rambut rontok. (Pixabay/StockSnap)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Rambut rontok bisa menjadi bagian alami dari proses penuaan. Seseorang bisa kehilangan 100 helai rambut setiap harinya tanpa disadari.

Selain proses penuaan, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi berbeda. Stres, penurunan berat badan atau kekurangan zat besi bisa menyebabkan beberapa bentuk kerontokan rambut.

Sebenarnya kerontokan rambut mungkin bukan kondisi yang serius. Tapi, masalah rambut ini bisa sangat mengganggu atau membuat tidak percaya diri.

Tapi, ada beberapa perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah beberapa jenis kerontokan rambut, seperti alopecia.

Salah satu cara termudah merangsang pertumbuhan rambut di rumah adalah mengonsumsi lebih banyak alpukat ke dalam makanan harian.

Alpukat bisa mencegah kerontokan rambut. (Pixabay/Geraldine Dukes)

Alpukat bisa melindungi rambut rontok karena vitamin E. Menurut ahli diet Ryan Raman, vitamin E melindungi kulit dari kerusakan dan stres oksidatif.

Jika kulit di atas kepala rusak, kondisi itu bisa meningkatkan risiko kualitas rambut yang lebih buruk dan folikel rambut berkurang.

Satu buah alpukat menyediakan sekitar 20 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda. Meskipun Anda tidak bisa mengubah faktir-faktor lain, seperti usia dan genetika. Tapi, diet salah satu cara yang bisa mengendalikan kerontokan rambut.

Konsumsi makanan yang seimbang dengan nutrisi tepat bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami kerontokan rambut karena nutrisi yang buruk.

"Alpukat merupakan buah bergizi dan sumber lemak sehat. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik dan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut," jelas Raman dikutip dari Express.

Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala dari stres oksidatif dan kerusakan. Kulit kepala yang rusak bisa menyebabkan kualitas rambut buruk dan folikel rambut lebih sedikit.

Sementara itu, Anda juga bisa melindungi rambut rontok dengan mengonsumsi ubi. Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus dan bisa diubah menjadi vitamin A.

Vitamin A meningkatakn produksi sebum yang sangat penting untuk menjaga kesehatam rambut. Vitamin ini juga diklaim bisa mempercepat laju pertumbuhan rambut sekaligus mendorong rambut tumbuh lebih lebat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers