web analytics
  

Banyak Makan Gula Bikin Sering Masuk Angin hingga Rusak Gigi

Jumat, 18 September 2020 19:20 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Banyak Makan Gula Bikin Sering Masuk Angin hingga Rusak Gigi, gula darah,Kesehatan,turunkan berat badan,penyebab jerawat,Serangan Jantung

[Ilustrasi] Terlalu banyak mengonsumsi gula berdampak buruk bagi kesehatan. Selain menambah berat badan, memunculkan jerawat terus-menerus, banyak makan gula juga bisa membuat gula darah tinggi dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada jantung. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Terlalu banyak mengonsumsi gula berdampak buruk bagi kesehatan. Selain menambah berat badan, memunculkan jerawat terus-menerus, banyak makan gula juga bisa membuat gula darah tinggi dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada jantung.

Dilansir dari Bright Side, berikut 4 tanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi gula.

1.  Gigi rusak

Makanan manis dapat mempercepat pembentukan lubang pada gigi dan menimbulkan kerusakan gigi. Namun, bukan gula yang menyebabkan gigi Anda membusuk, melainkan kotoran dari makanan yang tertinggal di gigi setelah Anda makan. Jika tidak dicerna atau disikat dengan benar, sisa makanan menyebabkan munculnya plak pada gigi Anda. Ini mengikis permukaan keras gigi yang menghasilkan lubang kecil.

2. Toleransi gula meningkat

Saat Anda makan makanan manis, indra pengecap Anda akan terbiasa dengan tingkat rasa manis yang sama. Kelebihan gula membuat langit-langit mulut Anda tumpul, di mana buah-buahan yang terasa manis mungkin tidak akan lagi terasa manis bagi Anda.

Jika Anda mulai merasa seperti itu, segera kurangi konsumsi zat tambahan bergula, seperti gula rafinasi dan sirup manis, dan beralihlah ke pola makan yang seimbang.

3. Sering masuk angin dan flu

Makan atau minum terlalu banyak gula menghalangi sel sistem kekebalan tubuh menyerang bakteri saat Anda sakit. Vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan flu sangat mirip struktur kimianya dengan glukosa. Alih-alih mencari dan bekerja dengan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda akan mengambil glukosa yang tidak memiliki daya melawan bakteri flu.

Untuk mencegah skenario seperti itu, kurangi makanan manis saat Anda berisiko terkena flu, dan makan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan vitamin C dan E, serta beta-karoten dan seng.

4. Merasa kembung

Perut kembung dan nyeri, serta ketidaknyamanan pencernaan lainnya, dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu banyak gula. Jika gula diserap dengan buruk di usus kecil, mereka akan masuk ke usus besar tempat gula biasanya bertindak seperti bakteri penghasil gas.

Terlalu banyak gula dapat merusak perut Anda, jadi cobalah untuk menghindari makan pemanis, diet coke, dan snack bar. Sangat menarik untuk dicatat bahwa makanan bebas gula penuh dengan alkohol gula yang mengandung senyawa yang tidak dapat dicerna dengan rasa manis.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai mengalami salah satu tanda di atas? Jika ya, segera perbaiki pola makan Anda sekarang juga!

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers