web analytics
  

UMKM Mau Di-Endorse Ridwan Kamil? Ini Caranya

Sabtu, 19 September 2020 18:34 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, UMKM Mau Di-Endorse Ridwan Kamil? Ini Caranya, UMKM Jawa Barat,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Dok Humas Pemprov Jabar)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Para pelaku UMKM di Jawa Barat kini dapat meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membantu memasarkan produk mereka agar semakin dilirik oleh khalayak luas.Syaratnya, Emil, sapaat akrab Sang Gubernur, minta dilibatkan dalam proses mendesain setiap produk.

Kolaborasi mendesain produk dipilih Emil karena latar belakangnya sebagai arsitek. Lewat kolaborasi, terjalin ikatan emosional dengan produk tersebut. Selain itu, Emil juga menawarkan keahliannya mendesain produk sebagai bagian upaya mendukung kebangkitan 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi Covid-19.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower (di seluruh media sosial), saya bisa membantu mempromosikan,” ungkapnya di acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/2020).

"Jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya endorse, syaratnya kita kolaborasi,” tambahnya.

Para pelaku UMKM di Jawa Barat, dan juga seluruh Indonesia, yang berminat mendapat dukungan desain dari Emil, bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar untuk selanjutnya dikurasi dan dipilih. Ia mengatakan, meski terbuka untuk seluruh UMKM di Indonesia, namun ia akan memprioritaskan UMKM Jabar.

“Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Emil juga memaparkan bahwa pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa dukungan untuk membangkitkan usahanya. Contohnya adalah bantuan akses modal di Bank BJB. Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp 2 triliun di Bank BJB untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar. 

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers