web analytics
  

Update Corona Bandung, 9 Hotel di Bandung Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Sabtu, 19 September 2020 11:34 WIB Tri Joko Her Riadi
Bandung Raya - Bandung, Update Corona Bandung, 9 Hotel di Bandung Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19, Update Corona Bandung,Update Covid-19 Kota Bandung,Isolasi Pasien Covid-19 di Hotel,Isolasi Pasien Covid-19

Ilustrasi--Suasana Hotel (Republika)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat saat ini menyiapkan 9 hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Di Depok dan Bogor, disiapkan 5 hotel.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar menyatakan, para pengurus PHRI terus berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang pematangan program ini. Sudah ada 9 nama hotel di Kota Bandung yang mengajukan diri sebagai tempat layanan isolasi pasien Covid-19. Tim PHRI sedang memverifikasi dan melengkapi data masing-masing hotel.

“Tugas kami mengmpulkan nama-nama hotel lalu melengkapi setiap data yang dibutuhkan. Proses seleksi dan pelatihan nanti sepenuhnya kewenangan Satgas (Satuan Tugas Penanganan Covid-19),” tutur Herman, ketika dihubungi Ayobandung.com lewat saluran telepon, Sabtu (19/9/2020) pagi.

Penggunaan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 merupakan bagian dari program pemerintah pusat dalam menangani pandemi Covdi-19. Di Jakarta, misalnya, sudah disebutkan nama-nama hotel yang menjadi tempat isolasi.

“Ke-9 hotel di Kota Bandung ini nantinya bukan hanya melayani pasien dari Kota Bandung, tapi juga Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung,” kata Herman.

Menurut Herman, nantinya semua biaya penanganan pasien selama isolasi di hotel bakal ditanggung oleh pemerintah. PHRI melihat ini sebagai salah satu alternatif mempertahankan roda bisnis yang nyaris mandek dihantam pandemi sejak Maret 2020 lalu.

“Sepanjang Mei hingga Juni, bisnis hotel betul-betul ambruk. Okupansi 5-10 persen. Agustus lalu mulai ada perbaikan, bahkan (okupansi) sudah sampai 30-40 persen. Sejak September, kondisinya memburuk lagi. Sepekan terakhir makin buruk,” kata Herman.

Meski melihat program ini sebagai alternatif bertahan secara bisnis, Herman tetap mengimbau semua pihak untuk betul-betul berdisiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Hotel yang sejauh ini relatif aman jangan sampai jadi klaster baru penularan Covid-19.

 

Okupansi 30-40 Persen

Pemerintah Kota Bandung sebelumnya berulang kali memastikan bahwa ketersediaan tempat tidur di rumah sakit untuk isolasi pasien Covid-19 masih memadai. Terdapat 505 tempat tidur di 27 rumah sakit di Kota Bandung yang sudah disiapkan. Tingkat okupansi di kisaran 30-40 persen.

Koordinator Bidang Perencanaan Data Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyatakan, daya tampung ruang isolasi untuk perawatan pasien Covid-19 di 27 rumah sakit di Kota Bandung masih relatif mencukupi. Ia meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan ketersediaan ruang layanan yang seluruh pembiayaannya akan ditanggung oleh pemerintah.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memastikan warganya dirawat dengan baik. SAat ini kondisi ruang isolasi kita sudah memadai. Kapasitasnya juga masih mencukupi,” tutur Ahyani kepada Ayobandung.com Rabu (6/9/2020) lalu.

Untuk layanan isolasi oleh pengelola non rumah sakit, Ahyani menegaskan bahwa mereka harus mengantongi izin dari Dinas Kesehatan Kota Bandung terlebih dahulu. Petugas akan memastikan kesiapan protokol kesehatan di tempat bersangkutan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers