web analytics
  

Cedera Tulang Rusuk, Kim Jeffrey Harus Menepi 6 Pekan

Jumat, 18 September 2020 15:54 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Cedera Tulang Rusuk, Kim Jeffrey Harus Menepi 6 Pekan, Kim Jeffrey Kurniawan,Kim Kurniawan Cedera,Cedera Kim Kurniawan

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Dokter tim Persib, M. Raffi Ghani menyampaikan, Kim Jeffrey Kurniawan harus beristirahat cukup lama setelah mengalami cedera tulang rusuk.

Raffi juga menceritakan, kronologi kejadian yang membuat gelandang naturalisasi kelahiran Jerman itu mengalami patah tulang rusuk.

Raffi menjelaskan, kim mengalami cedera patah tulang rusuk saat skuat Maung Bandung menggelar gim internal beberapa waktu lalu. Kala itu, Kim mengalami berbenturan di bagian rusuk kanannya dengan salah seorang rekan di tim.

Merasa tidak ada keanehan, pemilik nomor punggung 23 itu masih melakukan aktivitas latihan seperti biasa. Namun, rasa nyeri dan kurang nyaman itu akhirnya muncul setelah 2 pekan pascabenturan.

"Rasa nyerinya itu tidak satu tempat tapi dengan berjalannya waktu ada satu titik merasakan nyeri, kita melakukan MRI. Hasilnya memang ada fraktur tulang di bagian rusuknya," kata Raffi, Jumat (18/9/2020).

"Tapi karena posisinya bagus, artinya tidak memerlukan reposisi lagi tidak perlu ada tindakan apa-apa lagi. Cuma kita lakukan istirahat supaya tulangnya nempel," ucap Raffi.

Beruntung, berdasarkan hasil MRI, cedera Kim tak menggangu sistem kerja organ dalam. Meski harus menepi sekitar 6 pekan, lanjut Raffi, cedera tersebut tidak membutuhkan penanganan serius hingga mengharuskan Kim naik meja operasi.

"Kalau perhitungan setelah saya konsultasi dengan ortopedi hal ini tidak bisa diapa-apakan karena frakturnya tidak mengganggu organ bagian dalam paru-paru dan jantung. Jadi biarkan supaya frakturnya nempel dengan sempurna kurang lebih 6 minggu," katanya

Dengan kondisi ini, Raffi menyebut, Kim diprediksi akan cukup lama absen dalam pertandingan. Setidaknya, kata Raffi, Kim harus absen pada tiga laga awal Persib di lanjutan Liga 1 2020.

"Saya belum lihat jadwal berapa pertandingan, mungkin saja 3 pertandingan. Doain saja cepat (pulih) karena keluhannya gak khas. Dia malah setelah fraktur masih aktivitas seperti biasa, suruh istirahat dia gak mau," katanya.

Raffi juga mewanti-wanti kim harus berisitirahat total selama proses pemulihan cedera patah tulang rusuk. Pasalnya, jika dilanggar proses pemulihan cedera tersebut bisa lebih lama dari perkiraan.

"Kalau secara teori ya gak boleh (ada benturan lagi). Makanya harus istirahat, kalau dia banyak gerak yang tadinya nempel (tulang) jadi lama penyembuhannya. Prinsipnya reposisi dan imobilisasi. Direposisi seanatomis, artinya seperti tulang semula posisinya dan di-imobilisasi tidak banyak bergerak. Sekarang kebetulan pergeserannya hanya minim posisinya bagus tinggal dilakukan imobilisasi supaya nempel," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers