web analytics
  

Oded Sebut Buka-Tutup Jalan di Bandung Tak Akan Ganggu Ekonomi

Jumat, 18 September 2020 13:13 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Oded Sebut Buka-Tutup Jalan di Bandung Tak Akan Ganggu Ekonomi, Penutupan Jalan di Kota Bandung,penutupan jalan Bandung,AKB yang Diperketat,Wali Kota Bandung Oded M Danial

Jalan Merdeka-Aceh ditutup tiap pukul 09.00-11.00 WIB, mulai Jumat (18/09/20) hingga 14 hari mendatang. (Ayobandung/Ryan Suherlan/Magang)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung memutuskan melakukan buka tutup sejumlah ruas jalan selama 14 hari, 3 kali dalam satu hari. Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan, buka tutup ruas jalan tersebut tidak akan mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat.

"Ini kan dibuka-tutup, insyaallah buka tutup tiap dua jam tidak akan menganggu. Dulu sudah dibuktikan," ungkap Oded ketika ditemui selepas apel di Jalan Asia Afrika, Jumat (18/9/2020).

Buka-tutup tersebut dimulai sejak pagi hari ini. Oded mengatakan, para karyawan yang akan bekerja di lokasi yang terimbas penutupan jalan sementara dapat menunjukkan kartu identitasnya.

"Iya, masyarakat yang kerja di jalan yang ditutup bisa masuk dengan memperlihatkan identitas," ungkapnya.

Dia mengatakan, tujuan dari penerapan skema buka-tutup jalan tersebut salah satunya adalah sebagai bentuk peringatan pada warga bahwa pandemi Covid-19 masih ada. Hal ini meniru skema yang diterapkan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dinilai efektif menekan mobilitas warga.

"Kita mengingatkan warga Bandung dan orang-orang yang memasuki Kota Bandung, bahwa pandemi ini masih ada. Buka tutup jalan juga dilaksanakan dulu waktu PSBB, itu juga efektif," ungkapnya.

Larangan melintas di waktu-waktu tertentu tersebut, kata dia, berlaku untuk semua jenis kendaraan. Tidak terkecuali sepeda.

"Tutup juga, tidak ada sepeda. Karena filosofinya adalah menghindari kerumunan," ungkapnya.

Setidaknya ada 6 ruas jalan yang mengalami buka-tutup sejak hari ini hingga 14 hari ke depan. Jalan tersebut meliputi

1. Jalan Asia Afrika-Tamblong

2. Jalan Dewi Sartika-Pungkur

3. Jalan Otista-Suniaraja (Pasar Baru)

4. Jalan Purnawarman-Riau

5. Jalan Merdeka-Riau

6. Jalan ABC-Banceuy.

Penutupan dilakukan selama dua jam di pagi, sore dan malam hari. Yakni pada pukul 09.00-11.00 WIB, pukul 14.00-16.00 WIB, dan pukul 22.00- 06.00 WIB. 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers