web analytics
  

Dies Natalis ke-60, Fikom Unpad Luncurkan Media Center dan Bunga Rampai

Jumat, 18 September 2020 12:18 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Pendidikan, Dies Natalis ke-60, Fikom Unpad Luncurkan Media Center dan Bunga Rampai, Dies Natalis ke-60 Fikom Unpad,Dies Natalis Fikom Unpad,Fikom Unpad,CEO PT Ayo Media Network Hilman Hidayat,Media Center Ketik Unpad,Buku Bunga Rampai

Dies Natalis ke-60 Fikom Unpad yang dirayakan secara daring. (dok. Unpad)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) memperingati dies natalisnya yang ke-60, Jumat (18/9/2020). Dalam kesempatan tersebut, Fikom Unpad meluncurkan media center pembelajaran "Ketik Unpad" dan buku bunga rampai yang ditulis oleh keluarga besar Fikom Unpad.

Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, media center tersebut dibuat sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Ketik Unpad hadir sebagai portal berita yang nantinya berperan sebagai teaching media.

"Media Center hari ini diluncurkan, ini adalah inovasi terbaru yang dalam beberapa hari ini sudah berproduksi. Ketik Unpad akan menjadi teaching media yang dapat meningkatkan webometric Universitas Padjajaran," ungkapnya dalam perayaan dies natalis yang diselenggarakan secara daring, Jumat (18/9/2020).

Sementara bunga rampai yang juga diluncurkan dalam kesempatan yang sama tersebut adalah kumpulan cerita para civitas akademika Fikom Unpad beserta keluarganya dalam menghadapi pandemi Covid-19. Para penulisnya terdiri dari dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, alumni, hingga para keluarga.

"Buku ini khusus diluncurkan untuk memperingati perjalanan Fikom Unpad selama 60 tahun," ungkapnya.

Selain itu, Dadang juga menyatakan Fikom Unpad hingga saat ini masih tercatat sebagai fakultas yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Pada tahun ini, terdapat lebih dari 15.400 calon mahasiswa yang bersaing untuk mendapatkan 600-an kursi di semua program studi seluruh jenjang.

"Rata-rata IPK lulusan Fikom Unpad juga memuaskan, yakni 3,57," ungkapnya. Para mahasiswa Fikom Unpad juga tercatat telah menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional dengan perolehan 44 medali serta penghargaan lainnya di berbagai bidang.

Dadang menyebutkan, Fikom Unpad juga terus berupaya meningkatkan jumlah publikasi jurnal terindeks Scopus setiap tahunnya. Sejak 2016 hingga saat ini, jumlahnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Kalau digabung dengan skema indeks lain, total sudah ada 158 artikel (yang dipublikasikan). Hingga September 2020 ini baru 75 yang dipublikasikan, mudah-mudahan bisa tembus 100," ungkapnya.

"Tentunya output ini harus bisa dikembangkan menjadi benefit bagi manusia dan kemanusiaan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Menteri Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung Wibowo yang menyampaikan narasinya terkait upaya Indonesia menangani Covid-19, serta pandangan global terhadap Indonesia terkait penanganan Covid-19.

Acara juga diisi oleh pemberian penghargaan dalam sejumlah kategori kepada para mahasiswa, dosen hingga alumni. CEO PT Ayo Media Network Hilman Hidayat yang sekaligus juga merupakan alumni Jurusan Jurnalistik Fikom Unpad mendapat penghargaan Anugerah Alumni Peduli Fikom. 

Banyak Torehkan Prestasi

Selama 60 tahun berdiri, Fikom Unpad telah banyak meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasi tersebut ditorehkan baik secara institutsi maupun secara individu oleh para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa hingga alumni.

Pada 2009, 2011, 2013 hingga 2015, Fikom Unpad menyabet predikat Indonesian Best School of Communication dari Mix Marketing Communication Magazine. Pada 2011, Fikom Unpad juga dinobatkan sebagai The Best of 10 School of Communication oleh lembaga yang sama.

Pada 2010, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI memberikan penghargaan pada Prof. Dr. Nina Syam sebagai perintis pengembangan ilmu kepariwisataaan.

Pada 2014, Prof. Deddy Mulyana juga berhasil meraih Inspirational Award dari pemerintah Australia atas sumbangsihnya dalam mengembangkan pendidikan komunikasi. Ia juga mendapat penghargaan kompetensi PR manajerial untuk akademisi dari ASEAN PR Network dan Badan Nasional sertifikasi profesi ASEAN Jakarta.

Selain itu, Unit Arsip Fikom Unpad juga telah mencatat sebanyak 192 buku karya para dosen yang telah diterbitkan dalam periode 1974-2020 baik secara nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya bahkan menjadi best seller di pasaran.

Karena prestasinya, beberapa dosen Fikom Unpad pun dipercaya untuk memegang jabatan di organisasi lain terkait ilmu komunikasi seperti Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan KPI Daerah Jabar, hingga menjadi asesor pendidikan komunikasi di seluruh universitas di Indonesia dan di tingkat internasional.

Para tenaga pendidik dan mahasiswanya pun tak kalah berprestasi. Sepanjang 2015-2019, tercatat ada 50 prestasi skala nasional dan 5 prestasi internasional yang berhasil diraih mahasiswa Fikom Unpad. Sementara para tenaga pendidiknya mulai dari pustakawan hingga arsiparis pun sempat meraih penghargaan terkait kinerja masing-masing di bidangnya. 
 

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers