web analytics
  

Ini 5 Manfaat Rutin Berhubungan Seks bagi Kesehatan

Jumat, 18 September 2020 06:20 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini 5 Manfaat Rutin Berhubungan Seks bagi Kesehatan, seks,Hubungan Seksual,tips berhubungan seksual,Manfaat Seks

[Ilustrasi] Banyak manfaat yang didapatkan jika Anda berhubungan seksual, termasuk bagi kesehatan. Seks pun bisa membangun hubungan yang sehat dan harmonis. (Sasin Tipchai/Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Banyak manfaat yang didapatkan jika Anda berhubungan seksual, termasuk bagi kesehatan. Seks pun bisa membangun hubungan yang sehat dan harmonis.

"Seks memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pasangan dengan cara yang sangat organik. Yang terpenting seks akan memberikan Anda rasa senang dan gembira," kata Kamil Lewis seorang terapis seks dan hubungan.

"Keintiman seksual memberikan koneksi yang memuaskan dan menumbuhkan kepercayaan. Hal ini yang penting untuk hubungan," katanya.

Melansir dari WebMD, berikut adalah beberapa manfaat baik seks untuk kesehatan.

1. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang aktif berhubungan seks memiliki tingkat ketahanan tubuh yang lebih baik dalam menangkal kuman dan virus.

Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa mahasiswa yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang lebih jarang berhubungan seks.

“Orang yang aktif secara seksual membutuhkan lebih sedikit sakit,” kata Yvonne K. Fulbright, PhD, seorang ahli kesehatan seksual.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara seks dan tekanan darah. “Sudah banyak penelitian tentang ini,” kata Joseph J Pinzone, MD yang merupakan CEO dan direktur medis Amai Wellness.

"Satu studi penting menemukan bahwa hubungan seksual secara khusus (bukan masturbasi) menurunkan tekanan darah sistolik," tambahnya.

3. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih Wanita

Dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia. Kondisi tersebut adalah sensasi tidak bisa menahan keluarnya air kencing.

Seks yang baik sama saja dengan latihan otot dasar panggul. Ketika Anda mengalami orgasme, otot-otot akan berkontraksi dan diperkuat.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Melansir dari Insider, kadar kortisol menurun setelah melakukan hubungan seksual. Hal ini dinyatakan dalam The Journal of Sexual Medicine. Hormon ini bertanggung jawab atas respons stres tubuh yang membuat Anda merasa lebih rileks.

Selain itu, seks membuat Anda melepaskan endorfin yang terkait dengan peningkatan perasaan senang, termotivasi, dan berenergi.

5. Membuat Tidur Lebih Baik

Oksitosin yang dilepaskan saat seks bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Selain oksitosin, kadar prolaktin juga meningkat setelah hubungan seksual dan orgasme. Hal ini bisa meningkatkan perasaan kantuk dan rileks yang memudahkan Anda untuk tertidur.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers