web analytics
  

13 Benda Ini Harus Ada di Kotak P3K Rumah!

Kamis, 17 September 2020 17:53 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 13 Benda Ini Harus Ada di Kotak P3K Rumah!, kotak P3K,Kesehatan,Pertolongan Pertama pada Kesehatan,Pencegahan Covid-19

Kotak P3K. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Dr Adisaputra Ramadhinara mengatakan, untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, orang juga perlu mengerti cara untuk merawat luka dengan tepat.

"Luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi," kata Adisaputra, dikutip Republika.co.id.

Adisaputra mengatakan, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya kotak P3K dan cara merawat luka yang tepat. Padahal, dengan menyadari hal itu, penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin.

Menurut Adisaputra, banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan isi kotak P3K. Dia menyarankan agar masyarakat memeriksa kembali kotak P3K di rumah, mengganti perlengkapan yang sudah lama atau kedaluarsa, dan jika ada perlengkapan yang kurang, sebaiknya secepatnya melengkapinya.

"Ingat pepatah ‘sedia payung sebelum hujan’, sedia kotak pertolongan pertama sebelum luka," ujar Adisaputra yang merupakan dokter tersertifikasi untuk perawatan luka.

Berikut beberapa usulan isi kotak P3K yang sebaiknya selalu siap sedia di rumah atau saat bepergian keluar rumah.

- Masker

- Pembersih tangan (hand sanitizer)

- Sarung tangan lateks (sekali pakai)

- Gunting

- Pinset

- Termometer

- Obat tetes mata

- Obat batuk

- Obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu

- Obat semprot antiseptik

- Plester luka

- Salep kuka

- Kasa steril

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers