web analytics
  

Agar Tak Menyesal Beli Sepeda Lipat, Perhatikan 8 Hal Ini

Kamis, 17 September 2020 17:23 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Agar Tak Menyesal Beli Sepeda Lipat, Perhatikan 8 Hal Ini, Sepeda Lipat,ukuran ban sepeda lipat,sepeda lipat untuk kerja,sepeda lipat muerah

Jika kamu ingin membeli sepeda lipat, sebaiknya mesti mempertimbangan berbagai hal. (Pixabay/juanmamontero)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika kamu ingin membeli sepeda lipat, sebaiknya mesti mempertimbangan berbagai hal.

Berikut tip membeli sepeda lipat untuk kamu yang berminat memilikinya.

1. Perhatikan Bentuk, Ukuran, Fungsi

Sebelum membeli, perhatikan dulu bentuk, ukuran, dan fungsi. Kamu bisa mencari informasi terkait hal itu terlebih dahulu melalui situs yang membahas khusus tentang sepeda lipat.

2. Kepraktisan

Mau membeli sepeda lipat juga perlu memperhatikan kepraktisannya. Bentuk sepeda konvensional mungkin cukup untuk dijadikan alat transportasi, tapi dalam hal kepraktisannya untuk masuk ke dalam bus atau kereta MRT, sepeda konvensional pasti akan mengambil banyak ruang.

Usahakan untuk memilih berdasarkan kepraktisan ini juga ya. Perhatikan apa kebutuhanmu, jangan berfokus pada apa yang kamu inginkan

3. Mudah Disimpan

Kalau kamu punya ruang yang tidak terlalu luas, mungkin perlu memikirkan bentuk dan ukuran sepeda lipat yang mudah disimpan. Sepeda konvensional umumnya memaksa kita untuk memarkir di ruang yang cukup panjang. Dengan sepeda lipat kita bisa menyimpannya di kolong meja atau tempat tidur.

Pada intinya, perhatikan ukuran rumah yang kamu miliki dan di mana kira-kira kamu bisa menyimpan sepedamu. Jangan gadaikan kebebasanmu hanya karena ingin mengikuti trend kepemilikan atas sepeda lipat.

Pikirkan dulu apakah itu benar-benar kamu butuhkan dan adakah ruang yang cocok untuk menyimpannya.

4. Cocok Juga untuk Jadi Alat Transportasi ke Kantor

Sepeda lipat atau sepeda konvensional apapun sebenarnya tetap cocok sebagai alat transportasi ke kantor. Kalau kantormu tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu dan bisa ditempuh dengan sepeda, tak salah untuk memilih sepeda lipat yang cocok untuk dibawa ke kantor.

Kamu bisa memilih yang bentuknya praktis dan lebih fashionable sehingga ketika dilihat rekan kerja di kantor, alat transportasi tetap sesuai dengan jabatanmu.

5. Pilih Berdasarkan Kebutuhan

Nah, menyinggung poin sebelumnya. Pilihlah bentuk sepeda lipat yang sesuai kebutuhan. Lupakan keinginan. Kalau kamu butuh sepeda untuk dibawa ke kantor, cobalah untuk temukan sepeda yang cocok untuk dibawa masuk ke dalam lingkungan kantor kamu.

Pada dasarnya sepeda lipat lebih efisien dan praktis untuk dibawa-bawa adalah yang paling cocok untuk pegawai kantoran. Di pasaran ada sepeda lipat bertipe city tour dan sepeda lipat gunung.

6. Pertimbangkan Beratnya

Jangan cuma penampilan saja yang perlu dipertimbangkan, tapi pertimbangkan juga berat sepeda lipat yang akan kamu bawa ke mana-mana itu. Kamu bisa pilih sepeda lipat dengan massa jenis total 10 kg hingga 20 kg.

Sesuaikan saja dengan kekuatan dan kebutuhanmu. Jika kamu pilih yang berat, bisa kewalahan ketika kamu ingin membopongnya ke mana saja.

7. Perhatikan Ukuran Ban

Pada umumnya, semakin kecil ukuran ban sepeda lipat, sepeda itu akan semakin mudah dilipat dan mudah dibawa ke mana-mana. Karena itu, pertimbangkan ukuran ban sepeda lipat sebelum membelinya.

Kamu bisa beli yang lebih ringan untukmu. Normalnya, ukuran ban sepeda lipat berkisar antara 14 hingga 20 inci. Ada pula yang di antara 15 hingga 18 inci saja.

8. Sesuaikan dengan Keuangan

Mau beli apa saja, uang adalah faktor utamanya. Kita bisa beli sepeda lipat tipe apa saja kalau kita punya uangnya, iya kan? Nah, sesuaikanlah uang kamu dengan sepeda lipat yang ingin kamu beli.

Belilah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kamu. Barang bekas atau secondhand alias preloved pun tak masalah, kan? Karena selain murah, ketika komponennya masih bagus, sepeda lipat ini masih bisa diandalkan.

Demikian tip membeli sepeda lipat. Apakah kamu tergoda untuk mengoleksinya?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers