web analytics
  

Messi, Ketika Seorang Bilioner Membersihkan Sepatu

Kamis, 17 September 2020 13:08 WIB Tri Joko Her Riadi
Olahraga - Sepak Bola,  Messi, Ketika Seorang Bilioner Membersihkan Sepatu, barcelona,Lionel Messi,Messi,Messi Membersihkan Sepatu

Lionel Messi tertangkap kamera sedang membersihkan sendiri sepatunya (Twitter @BarcaWorldwide)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lionel Messi, salah satu pesepak bola terbaik sejagat, menjadi pemberitaan besar ketika Forbes tiga hari lalu mengumumkan namanya sebagai pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Tahun ini pundi-pundinya terisi duit dari akumulasi gaji dan kerja sama iklan senilai Rp 1,8 triliun.

Bukan lagi miliuner, Messi masuk kelompok elite manusia di kolong bumi yang disebut sebagai bilioner. Bayangkan, angka Rp 1,8 triliun yang diperoleh kapten Barcelona itu setara dengan 20 persen dari total APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Bandung yang penduduknya mencapai 2,5 juta jiwa.

Kamis (17/9/2020) dini hari tadi, nama Messi kembali disebut-sebut di perbincangan jagat maya setelah berhasil menceploskan dua gol dalam laga persahabatan pramusim antara Barcelona dan Girona. Video gol tendangan geledek kaki kanan lelaki 33 tahun kelahiran Rosario, Argentina itu ramai beredar di Twitter.

Bukan tendangan datar melengkung atau cungkilan melewati kepala penjaga gawang, gol ini tetap istimewa. Messi adalah pemain kidal. Membuat gol dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya merupakan sebuah kejadian tak biasa.

Namun, selain gol itu, ada momen lain dalam pertandingan itu yang juga mencuri perhatian banyak orang. Akun Twitter @BarcaWorldwide, sebuah akun penggemar Barcelona dengan 144 ribu pengikut, membagikan tangkapan foto Messi yang sedang takzim membersihkan sepatunya. Pesepak bola pemegang enam trofi Ballon d’Or itu terlihat mengenakan maskernya.

“Selalu bersihkan alatmu!” tulis akun @BarcaWorldwide menjelang pukul 5 pagi Waktu Indonesia Barat (WIB). Tujuh jam kemudian, cuitan itu disukai lebih dari dua ribu orang dan dibagikan ratusan kali.

 

Ruang Ganti Akademi Manchester United 

Foto Messi sedang membersihkan sendiri sepatunya itu segera mengingatkan orang pada salah satu kisah legendaris dalam dunia sepak bola. Konon, di dinding ruang ganti Akademi Manchester United, terpampang foto serupa sejak lama. Messi, mengenakan kaus lengan panjang yang biasa digunakan dalam sesi Latihan Tim Nasional Argentina, terlihat sedang mengelap sepatu kuningnya. Foto itu diambil di ruang ganti Stadion Upton Park, West Ham, pada 2014.

Manchester United adalah sebuah klub besar di daratan Inggris yang punya riwayat kurang menyenangkan dengan Messi. Mereka dua kali dikalahkan Barcelona di final Liga Champions Eropa, yakni tahun 2009 dan 2011. Di kedua pertandingan akbar itu, Messi mencetak masing-masing satu gol. Salah satu yang ikonik adalah sundulan kepala yang membuat kiper jangkung Edwin van der Sar melongo menyaksikan bola melambung jauh dari jangkauannya menuju pojok atas gawang.

Situs ESPN, dalam sebuah artikel yang terbit pada 10 April 2018, menyebut foto tersebut dimaksudkan sebagai pengingat bagi para pemain muda Setan Merah untuk terus menjaga kerendahan hati. “Kalau Lionel Messi tidak terlalu besar untuk membersihkan sendiri sepatunya, kalian pun bisa membersihkan sendiri sepatu kalin,” begitu salah satu kutipan dari artikel.

Bukan tanpa alasan Messi dijadikan rujukan bahkan oleh klub-klub yang pernah menjadi lawannya. Datang ke Barcelona sebagai bocah 13 tahun yang bermasalah dengan hormon pertumbuhan, Messi memukau dunia bukan hanya lewat ratusan gol yang dibuat, tapi juga keindahan gocekan, ketajaman umpan, serta kejeniusan visi bermain.

Butuh 105 tahun bagi Barcelona untuk memenangi 64 trofi. Sejak Messi memulai debut profesionalnya 16 tahun silam, Barcelona berhasil memboyong 34 trofi.

Hari ini, dunia menyaksikan bagaimana pemain istimewa yang sudah berstatus bilioner itu masih saja mengerjakan sebuah disiplin sederhana yang sebenarnya diajarkan juga oleh setiap orang tua di dunia: segera setelah alatmu selesai digunakan, bersihkan! 

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers