web analytics
  

Kreatif Saat Ekonomi Terpuruk, Riani Soedarmo Ajak Ojol Budidaya Lekung

Rabu, 16 September 2020 21:35 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Kreatif Saat Ekonomi Terpuruk, Riani Soedarmo Ajak Ojol Budidaya Lekung, Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan,Riani Soedarmo,Domas Geger Hanjuang

Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan bersama Riani Soedarmo, pembina padepokan Domas Geger Hanjuang. (Tri Junari)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Hantaman ekonomi akibat pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) tidak hanya mengakibatkan keterpurukan ekonomi, tapi di sisi lain membuat masyarakat jadi lebih kreatif menguatkan ketahanan pangan.

Salah satunya dilakukan Riani Soedarmo, pembina padepokan Domas Geger Hanjuang di Kampung Sukamaju RT 05/ RW 05, Desa Cigugurgirang,  Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ia menggabungkan teknik budidaya ikan lele dalam ember dengan bercocok tanam kangkung di atasnya. Ternyata uji cobanya berhasil, lele tumbuh besar begitupun dengan kangkung tumbuh subur.

"Budidaya lele dengan kangkung dalam ember saya berinama Lekung (lele kangkung). Kami memulai teknik ini pada saat pandemi Covid-19," kata Riana saat menerima kunjungan Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan di Parongpong, Rabu (16/9/2020).

Teknik lekung, dengan memanfaatkan ember berkapasitas 80 liter air. Lele dibudidayakan dalam ember kemudian tutup ember diberi lubang seukuran gelas cup plastik yang ditanami kangkung.

"Akar kangkung yang menjuntai ke air menjadi nutrisi bagi ikan lele. Tapi pakan buat lele tetap kami berikan," ujarnya.

Hasilnya cukup mengesankan, selama masa pandemi Covid-19 sudah dua kali panen ikan lele. Bahkan kangkung setiap 2-3 minggu sekali dapat dipanen.

Budaya dengan teknik lekung ini, lanjut Riani, dikembangkan ke masyarakat sekitar Cigugurgirang dan komunitas ojek online setempat.

"Sudah 250 orang ikut pelatihan dan rata-rata berhasil. Apa yang kami lakukan ini sebagai upaya ketahanan pangan. Dimasa sulit seperti sekarang ini, pendapatan masyarakat menurun sedangkan kebutuhan hidup sehari-hari harus terus terbukti," paparnya.

Di tempat sama, Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengapresiasi terobosan yang dilakukan Riani. Bisa menginsipirasi warga lainnya untuk berpikir kreatif dan inovatif yang bermanfaat tidak hanya untuk dirinya tapi juga orang lain.

"Budidaya lele dengan kangkung dalam ember dapat dilakukan oleh siapapun. Tidak perlu membutuhkan pekarangan yang luas, tapi bisa memberikan nilai ekonomis," kata Hengki.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan sekecil apapun. Dengan ditanami paling tidak bisa memenuhi untuk kebutuhan pribadinya sehari-hari.

Bukan hanya budidaya ikan lele dengan kangkung yang mendapat pujian Hengki. Politisi sekaligus artis ini pun memberikan apresiasi kepada Riani yang setia menjaga budaya warisan leluhur, yaitu pencak silat. 

"Saya menyebut beliau sebagai tokoh yang setia menjaga budaya. Tidak banyak loh orang seperti Ibu Riani yang semangat melestarikan budayanya sangat luar biasa," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers