web analytics
  

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna: Media Massa Berperan Penting di Masa Pandemi Covid-19

Selasa, 15 September 2020 16:10 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna: Media Massa Berperan Penting di Masa Pandemi Covid-19, UKW PWI Kota Bandung,Uji Kompetensi Wartawan (UKW),UKW PWI,Sekda Kota Bandung Ema Sumarna

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kota Bandung berlangsung dnegan protokol kesehatan ketat (Humas Pemkot Bandung)

TAMANSARI, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menyebut media massa memiliki peran yang sangat penting pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya, menyampaikan program-program penanganan Covid1-9 yang dilakukan Pemkot Bandung.

"Media menyebarkan informasi penting tentang berbagai hal tentang Covid-19. Hal itu bisa membantu Pemkot Bandung menangani Covid-19," kata Ema saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXXVII yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung di Courtyard Mariot Hotel, Selasa (15/9/2020), dikutip dari siaran pers Humas Kota Bandung.

Ema mengungkapkan, banyak sekali sektor yang terdampak pandemi. Bukan hanya kesehatan, tapi sektor lainny, termasuk sektor ekonomi. Arah kebijakan pemerintah saat ini yaitu menyelesaikan pandemi yang terjadi di masyarakat. Media memiliki peran menjaga keseimbangan agar tidak terjadi gejolak sosial dan tetap menciptakan situasi yang kondusif.

Ema menyatakan, penyelenggaraan UKW perlu didukung. Jika awak media memiliki kemampuan, kompetensi, dan profesionalisme di dalam mengolah atau membuat sebuah konten, maka akan semakin baik juga karya yang disajikan.

"Saat ini sebagus apapun kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, tanpa disebarluaskan oleh media maka tidak akan maksimal. Oleh karena itu kami berharap UKW ini dapat menciptakan para awak media yang lebih profesional dan kredibel untuk dapat menjalin kemitraan yang semakin baik,” kata Ema.

Diikuti oleh 36 wartawan media onlilne, cetak dan elektronik, Uji Kompetensi Wartawan yang digelar 15–16 September 2020 menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir dalam acara pembukaan antara lain Ketua PWI Kota Bandung Hardiansyah dan Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat. 

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Sony Teguh Prasatya, yang hadir sebagai pembicara, memaparkan upaya-upaya Pemkot Bandung menangani Covid-19. Termasuk juga penjelasan tentang Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 37 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan AKB dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19. 

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers