web analytics
  

Tank TNI Penabrak Gerobak dan Motor Warga Disebut Layak Jalan, Penyelidik Dalami Kemungkinan Human Error

Selasa, 15 September 2020 13:46 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Tank TNI Penabrak Gerobak dan Motor Warga Disebut Layak Jalan, Penyelidik Dalami Kemungkinan Human Error, Tank TNI Tabrak Gerobak Warga,tank tabrak gerobak

Tangkapan layar video tank menabrak sepeda motor dan gerobak warga di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. ((Ist))

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Tank TNI yang menabrak gerobak dan motor di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu lalu disebut dalam keadan layak jalan. Penyelidik dalami kemungkinan human error atau kekeliruan manusia. 

Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto mengatakan tidak ada masalah dengan kendaraan tempur milik YonKav 4 yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Tank dalam kondisi layak untuk digunakan.

"Dari segi materiil atau tank sendiri tidak ada masalah karena sebelum pelaksanaan sudah dilaksanakan pemeriksaan materiil dan tank tersebut dinyatakan layak untuk digunakan latihan," ujarnya, Selasa (15/9/2020).

Welly menambahkan, kemungkinan ada unsur kelalaian dalam peristiwa tersebut. Namun, hingga kini penyelidikan Pomdam Siliwangi masih berlangsung.

"Ini masih dalam penyelidikan berarti ada human error ya dan ini masih dalam tahap penyelidikan pihak POM apakah itu kelalaian si pengemudi atau ada penyebab yang lain," kata Welly.

Tentang pengemudi tank yang terlibat dalam kecelakaan tunggal tersebut, Welly menyatakan bahwa pengemudi dipastikan memiliki SIM B2 khusus sehingga diperkenankan untuk mengemudi. Tentang sanksi yang mungkin diberikan jika pengemudi terbukti lalai, ia menyerahkan pada saran penyelidik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tank milik TNI menabrak sejumlah kendaraan roda dua dan gerobak di Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pekan lalu. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Pihak TNI telah mengganti rugi kendaraan-kendaraan milik warga yang menjadi korban dalam kecelakaan tunggal tersebut. Perkara telah ditangani langsung oleh Danyon Kavaleri 4.

"Sudah diganti sama pihak Batalyon Kavaleri 4. Danyon sudah menemui pemilik kendaraan dan gerobak tersebut," kata Welly pekan lalu. 

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers