web analytics
  

Persempit Ruang Gerak Covid-19, Purwakarta Gelar Operasi Yustisi

Selasa, 15 September 2020 13:28 WIB Dede Nurhasanudin
Umum - Regional, Persempit Ruang Gerak Covid-19, Purwakarta Gelar Operasi Yustisi, Purwakarta,Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika,operasi yustisi,Covid-19 Purwakarta

Bupati Purwakarta melakukan pengecekan protokol kesehatan terhadap pengendara. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kesadaran sejumlah masyarakat di Kabupaten Purwakarta memakai masker masih minim. Dalam kegiatan operasi yustisi yang digelar otorita setempat, masih ada masyarakat terjaring melanggar, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan ini diinisiasi unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Purwakarta di sejumlah titik. Satu di antaranya di Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pasar Jumat, Purwakarta.

Mereka yang terjaring operasi diberikan sanksi sosial seperti menyanyikan lagu kebangsaan, membaca teks pancasila, dan membersihkan lingkungan dari sampah.

"Tidak menggunakan masker ada yang bilang lupa, kurang nyaman, dan lainnya. Ditambah budaya kita sebagai orang Sunda kan sosialisasinya tinggi jadi sulit untuk tidak berkerumun. Tapi, kami terus berikan arahan," ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Dia menjelaskan, operasi ini dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai amanat Perbup Nomor 198 Tahun 2020 tentang pemberian sanksi administratif terhadap pelanggar protokol kesehatan dalam masa PSBB dan AKB di Purwakarta.

"Jika masyarakat masih tetap melanggar setelah diperingati, maka akan diberikan sanksi sedang berupa jaminan kartu identitas dan sanksi sosial dengan memberikan rompi untuk selanjutnya membersihkan area publik agar memberikan efek jera," kata Anne.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers