web analytics
  

Ini Penyebab Umum Gigi Karies Pada Anak

Minggu, 13 September 2020 22:51 WIB Suara.com
Gaya Hidup - Sehat, Ini Penyebab Umum Gigi Karies Pada Anak, Gigi Karies,Anak

Gigi Karies pada Anak. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dibanding orang dewasa, anak sangat rentan memiliki masalah gigi hancur atau karies. Selain disebabkan makanan manis yang dikonsumsi, kebiasaan buruk seperti mengemut makanan juga berpotensi jadi penyebab gigi anak mengalami karies lho.

Hal tersebut dipaparkan oleh dokter spesialis gigi drg. Wina E. Darwis dalam siaran langsung Instagram beberapa waktu lalu. Kata Wina, salah satu penyebab terbesar gigi karies adalah karena kebiasaan mengemut makan yang kerap dilakukan anak.

"Karena makanannya itu nasi, karbohidrat yang pada dasarnya gula. Kalau kita kekepin (menyimpan) nasi aja di gigi, mulut lama-lama bisa asam. Itu giginya mulai rusak, mulai melunak. Kebiasaan mengemut bisa merusak gigi," paparnya. 

Kalau-kalau anak memiliki kebiasaan mengemut makanan, orangtua bertanggungjawab untuk mencari penyebab kebiasaan tersebut.

"Apakah porsi makannya terlalu banyak? Lebih baik misal selesai 30 menit sudah harus selesai makan. Atau kadang anak makan sambil nonton, makanannya diemut aja," ucapnya. 

Kebiasaan minum susu sebelum tidur juga bisa jadi penyebab gigi anak berlubang dan karies. Wina mengatakan, kebanyakan susu formula untuk anak mengandung tinggi gula sehingga rasanya cenderung terlalu manis. Itulah yang pada akhirnya membuat gigi anak menjadi rusak.

"Apalagi kalau malam mulut kita kering sekali. Gak ada air liur yang membasuh gigi, gak ada yang menetralisir asam susu. Jadi itu salah satu penyebab gigi bolong. Terutama bagian depan," katanya.

Wina mengingatkan, sebaiknya anak jangan dibiasakan minum susu sebelum tidur. Setelah sikat gigi malam sebaiknya tidak mengonsumsi apa pun kecuali air mineral.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers