web analytics
  

Tetap Produktif, Ini 5 Tips Bekerja dari Rumah

Minggu, 13 September 2020 19:48 WIB
Bandung Raya - Bandung, Tetap Produktif, Ini 5 Tips Bekerja dari Rumah, Bekerja dari rumah,Work From Home (WFH)

Bekerja dari Rumah. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa daerah di Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19. Hal itu membuat banyak instansi perkantoran memutuskan untuk melakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Meski terdengar menyenangkan, work from home alias bekerja dari rumah, ternyata tidak mudah untuk dijalankan. Terutama bagi sebagian orang yang mudah sekali terdistraksi, atau untuk para ibu-ibu yang di saat bersamaan harus mengawasi anak-anaknya yang belajar di rumah.

Bagaimana mau produktif, kalau sebentar-sebentar pergi ke dapur untuk bikin cemilan, melirik acara bagus di televisi, atau mengecek notifikasi medsos di ponsel. Belum lagi godaan tempat tidur dan bantal-bantal empuknya yang seolah memanggil.

Meski work from home memberi tantangan tersendiri, tetap ada caranya supaya produktivitas bisa tetap maksimal. Dan buat Anda yang termasuk ke dalam kelompok orang yang sulit menjalankan work from home dengan efektif, coba ikuti 5 tips yang dilansir dari laman NPR berikut:

1. Persiapkan Mindset 'Pergi Bekerja'

Meski bekerja di rumah, terapkanlah kebiasaan yang sama seperti halnya Anda akan pergi bekerja. Bangun pagi, mandi, sarapan, pakai baju yang rapi, dan baru mulai bekerja. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan terprogram secara otomatis bahwa ini adalah saatnya untuk bekerja.

2. Persiapkan Tempat Kerja

Beberapa orang mungkin bisa melakukan work from home dari atas kasurnya, sambil rebahan dan mendengarkan musik. Tapi kalau cara ini malah membuat Anda jadi suka ketiduran di 'jam kerja', berarti cara ini tidak cocok diterapkan.

Solusinya, coba persiapkan tempat kerja khusus selama work from home. Bisa saja hanya sekadar sebuah meja dan kursi yang ditempatkan di pojok ruangan yang tidak dilewati anggota keluarga.

3. Buat To-Do-List

Mungkin Anda merasa tidak perlu membuat daftar tugas seperti ini jika berada di kantor. Tapi, jika work from home membuat ritme kerja jadi kacau karena Anda mudah terdistraksi, berarti Anda perlu membuat to-do-list setiap pagi. Daftar ini akan menjadi pegangan supaya tenggat pekerjaan bisa tetap tercapai.

4. Bergerak Setiap Setengah Jam

Tak usah terlalu kaku juga dengan menenggelamkan diri di depan laptop selama berjam-jam. Setiap setengah jam sekali, Anda bisa bangkit dari depan laptop dan pergi ke dapur, sekadar membuat es kopi susu, atau mengambil cemilan.

5. Tutup Laptop Saat Istirahat

Berlakukan jam istirahat yang sama seperti halnya di kantor. Ketika tiba waktunya makan siang, tutup laptop dan beristirahatlah. Anda bahkan bisa memanfaatkan waktu istirahat ini dengan tidur siang. Tapi, jangan lupa pasang alarm supaya nggak kebablasan, ya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers