web analytics
  

Bantu Korban Pandemi, Ridwan Kamil dan 82 Seniman Gelar Pameran Secara Daring

Sabtu, 12 September 2020 14:04 WIB Dudung Ridwan
Bandung Raya - Bandung, Bantu Korban Pandemi, Ridwan Kamil  dan 82 Seniman Gelar Pameran Secara Daring, Pameran Lukisan,Ridwan Kamil,lukisan,Museum Barli

Lukisan kanvas Ridwan Kamil berjudul Tawaf. (Bale Seni Barli/Youtube)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM---Sejumlah seniman dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Garut, Tasik, dan Yogyakarta, yang tergabung dalam para perupa Komunitas Anugerah Barli, perupa tamu, dan undangan mulai Rabu, 9 September-hingga 9 Oktober2020 menggelar pameran lukisan secara daring. Pameran mengambil tema “Imaji: Empati dari Ruang Isolasi”.  Tidak hanya lukisan, para seniman itu memamerkan lukisan, gambar,  video art, dan karya seni Instalasi. Pameran juga menampilkan karya rupa secara daring, termasuk memutar video proses kreasi masing-masing peserta saat terkekang di dalam rumah akibat pandemi.

Evi Gunawan, salah satu panitia menjelaskan, “Kami ingin menggugah rasa empati bagi saudara-saudara kita yang paling terdampak akibat mewabahnya virus Covid-19 yang telah merenggut jutaan orang di seluruh dunia. Diharapkan dari pameran ini kita berhasil mengumpulkan bantuan yang rencananya akan dikhususkan bagi anak-anak kurang mampu yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh akibat keterbatasan sarana dan prasarana. 20 persen dari hasil karya yang terjual didonasikan buat mereka.”

Sebanyak 83 orang—termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil—ikut serta. Pelukis yang lain di antaranya, Barli Sasmitawinata (Alm), Nakis Barli (Alm), Ridwan Kamil, Chusin Setiadikara, Basuki Bawono, Diyanto, Rosid, Rendra Santana, Tiarma Sirait, dll

Pembukaan pameran dilakukan Rabu, 9 September 2020 pukul 14.00 secara online via aplikasi Zoom yang juga telah disiarkan secara live di IG Bale Seni Barli dan Bale Seni Barli Youtube Channel.

“Dari rumah, atau dari mana saja, nilai seni selalu berdaya untuk menghidupkan simpati dan kesadaran untuk hidup berbagi,” kata Rizki A. Zaelani seorang kurator dalam pengantar pamerannya.

 

Editor: Dudung Ridwan

artikel terkait

dewanpers