web analytics
  

Buka Cabang Ke-9, Seafood Bang Bopak Sukses Bertahan Saat Pandemi

Jumat, 11 September 2020 13:25 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Kuliner, Buka Cabang Ke-9, Seafood Bang Bopak Sukses Bertahan Saat Pandemi, Kedai Seafood Bang Bopak,Seafood Bandung,Kedai Seafood Bandung,Restoran Seafood Bandung,Restoran Seafood Riung Gunung,Seafood enak Bandung

Menu di Kedai Seafood Bang Bopak. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

RIUNG BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 memberikan pukulan keras bagi mayoritas lini usaha di Tanah Air, tak terkecuali bisnis kuliner. Imbauan pemerintah mengenai social distancing atau physical distancing yang sudah diterapkan sejak pertengahan Maret lalu mengakibatkan penurunan signifikan jumlah pelanggan di berbagai restoran atau rumah makan.

Tak sedikit pelaku bisnis restoran yang meliburkan karyawannya, terutama bagi mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Untuk mengantisipasi kehancuran bisnis di tengah pandemi, para pelaku bisnis kuliner pun putar otak untuk mencari berbagai cara agar tetap bertahan, salah satunya Seafood Kiloan Bang Bopak. 

Pemilik Kedai Seafood Bang Bopak, Agung Satria Perdana menuturkan, di tengah terpaan pandemi Covid-19, Seafood Kiloan Bang Bopak memutuskan untuk memaksimalkan penjualan secara online. Upaya ini ditempuh Agung untuk mempertahan para karyawannya agar tak kehilangan mata pencaharian.

Agung menuturkan, meski pandemi Covid-19 membuat banyak jenis usaha kehilangan banyak omzet, bukan berarti bisnis restoran harus mengalami hal yang sama.

Bisnis restoran justru bisa mengoptimalkan peluang usaha di saat krisis seperti ini. Lantaran banyak orang yang mengandalkan restoran untuk kebutuhan makan sehari-hari. 

Strategi yang Agung pilih ternyata manjur. Agung mengaku tak ada satupun karyawan Kedai Seafood Kiloan Bang Bopak yang dirumahkan. Bahkan setiap harinya, selalu ada pemesanan melalui layanan online takeaway maupun delivery.

“Sejak pandemi ini, kami putuskan berjualan via online juga karena ada anjuran social distancing, dan alhamdulillah laju bisnis kita gak terlalu keganggu, meskipun ada penurunan omzet," kata Agung saat ditemui gerai Seafood Kiloan Bang Bopak cabang Jalan Cipamokolan, Riung Bandung, Kamis (10/9/2020).

Tak tanggung-tanggung, kemampuan bertahan di masa pandemi ini membuat Seafood Kiloan Bang Bopak bisa membuka cabang ke-9 mereka di Jalan Cipamokolan No 56, Riung Bandung. 

“Alhamdulillah di masa pandemi ini kita bisa membuat satu gebrakan baru dengan membuka cabang ke-9, karena awalnya banyak dari temen-temen (karyawan) yang kerja di sini yang terdampak pandemi," kata Agung.

Agung mengaku, dengan dibukanya cabang ke-9 ini memberikan lapangan pekerjaan baru bagi para karyawan yang diputus kerja karena pandemi tersebut.

"Teman-teman yang kerja di sini, sempat kehilangan pekerjaan. Alhamdulillah kita bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang dirumahkan oleh tempat kerja sebelumnya. Total, saya telah memiliki kurang lebih 200 karyawan yang aktif bekerja," ujarnya.

Sementara itu, untuk protokol kesehatan Covid-19 di seluruh gerainya, Agung menegaskan, tetap mengikuti anjuran pemerintah. Kapasitas tamu dan pengunjung yang hadir dibatasi.

Bahkan acara makan gratis seafood sampai 2 ton dalam setiap grand opening kedai pun dihilangkan. Sebagai gantinya, Seafood Kiloan Bang Bopak menawarkan promo diskon 50-70% di hari tersebut. 

"Kenapa kita sekarang tidak mengadakan lagi bagi-bagi seafood gratis sebesar 2 ton, karena di kondisi yang lagi pandemi gini kita gak mungkin juga mendatangkan orang terlalu berlebihan karena membahayakan juga buat yang datang. Kita sangat menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers