web analytics
  

Oded Kunjungi Korban Kebakaran di Cicendo

Kamis, 10 September 2020 14:04 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Oded Kunjungi Korban Kebakaran di Cicendo, Kebakaran Djunjunan,kebakaran Bandung,Wali Kota Bandung Oded M. Danial,Berita Bandung,Bandung Hari Ini

Wali Kota Bandung Oded M. Danial meninjau lokasi kebakaran di Jalan Djunjunan Dalam 1, RT 08 RW 03 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kamis (10/9/2020). (dok. Diskar PB Kota Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial meninjau lokasi kebakaran di Jalan Djunjunan Dalam 1, RT 08 RW 03 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kamis (10/9/2020).

Ketika bertemu dengan korban kebakaran, Oded meminta warga tetap tabah dan sabar menghadapi musibah kebakaran itu. "Masyarakat harus lebih hati-hati. Sisi potensi kebakaran terutama listrik, colokan handphone dan sebagainya," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Seperti penggunaan listrik dan alat lainnya.

Kemudian, Oded mengapresiasi kepada masyarakat yang telah membantu memadamkan api bersama aparat kelurahan dan kecamatan.

"Warga sangat cepat tanggap dalam kejadian ini. Saya apresiasi kepada warga dan Diskar PB yang telah gesit luar biasa. Saya juga telah menginstruksikan jajaran kewilayah, Dinsos (Dinas Sosial) untuk memperhatikan mereka. Terutama kebutuhan dan haknya dalam jangka pendek ini," jelasnya.

Lokasi kebakaran di Jalan Djunjunan Dalam 1, RT 08 RW 03 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo. (dok. Humas Setda Kota Bandung)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana, mengatakan kejadian tersebut diduga berawal dari adanya arus pendek listrik yang menjalar ke tiang bangunan.

"Merembet ke bangunan yang lainnya. Sekarang diupayakan dapat bantuan dan pak wali datang berikan dorongan motivasi dan semangat," kata Dadang.

Dadang juga mengingatkan warga Kota Bandung untuk lebih berhati-hati. Dalam kurun waktu hingga September 2020 ini, telah terjadi 132 kasus kebakaran.

"Kepada warga untuk lebih berhati-hati. Perhatikan kompor dan listrik di rumah. Itu bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran," imbau Dadang.

Sebelumnya, satu bangunan rumah terbakar di Jalan Dr. Djunjunan Dalam 1, Kecamatan Cicendo, terbakar pada Rabu (9/9/2020) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Seksi Operasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencara (Diskar PB) Kota Bandung, Asep Rahmat, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.46 WIB dan untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak terkait.

Asep mengatakan, menurut kesaksian ketua RT setempat, api berasal dari bangunan lantai atas rumah.

"Api langsung besar begitu saja. Para warga yang berada di sekitar langsung mengevakuasi diri dan menyelamatkan diri, dikarenakan takut terjebak api karena akses jalan yang sempit," ujarnya.

Api tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran selama 89 menit. "Sebanyak 11 unit kita kerahkan. Diantaranya adalah 2 unit pancar UPT Barat, 2 unit pancar UPT Utara, 2 unit Tangki, 2 unit pancar Pusat, 1 unit rescue, 2 Unit komando," ujar Asep.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers